Ironi Gian Zola, Andalan Timnas yang Tersisih di Persib

Kompas.com - 27/02/2019, 17:20 WIB
Pemain Timnas U-22 Indonesia Gian Zola (kanan) melewati pemain Vietnam Nguyen Hoang Duy dalam pertandingan Semi Final Piala AFF U-22 di Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Minggu (24/2/2019). Timnas U-22 Indonesia berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 1-0 sehingga melaju ke babak final. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/aww. Nyoman BudhianaPemain Timnas U-22 Indonesia Gian Zola (kanan) melewati pemain Vietnam Nguyen Hoang Duy dalam pertandingan Semi Final Piala AFF U-22 di Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Minggu (24/2/2019). Timnas U-22 Indonesia berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 1-0 sehingga melaju ke babak final. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/aww.

BANDUNG, KOMPAS.com - Gelandang muda asal Bandung, Gian Zola, berkontribusi atas pencapaian timnas U-22 Indonesia merengkuh gelar juara Piala AFF U-22 2019.

Namun, potensi besar Zola di timnas tak mendapat atensi dari Persib Bandung, klubnya saat ini.

Di Persib, Zola terkesan dicampakkan dan tak punya tempat di tim utama. Bahkan, tahun lalu dia sempat dipinjamkan ke Persela Lamongan lantaran tak mendapat jam bermain.

Budi Nugraha, ayah Zola, angkat bicara terkait hal itu. Dia menyerahkan sepenuhnya nasib Zola kepada manajemen Persib. Jika tenaganya tak dibutuhkan, dia harap Persib memberi izin Zola untuk mencari klub lain.

"Karena Zola masih terikat sama Persib, pastilah kembali lagi ke Persib. Nanti sisanya, terserah pelatih dan manajemen untuk memutuskan masa depannya," kata Budi saat dihubungi via telepon seluler, Rabu (27/2/2019).

Baca juga: Persela Upayakan Kembali Pinjam Gian Zola dan Dendy Sulistyawan

Menurut Budi, Zola sangat membutuhkan klub yang bisa memberi porsi bermain lebih banyak agar bisa tetap menjadi langganan timnas.

"Kalau ke depannya, semoga bisa mendapatkan lebih banyak jam terbang di klub supaya kalau banyak jam terbang di klub, untuk bisa terus main di timnas peluangnya besar," ucapnya.

Ada sejumlah klub yang berminat menggunakan jasa pemain berusia 20 tahun itu. PSS Sleman menjadi salah satu klub yang paling intens menjalin komunikasi.

"Saya dengar Sleman mengajukan, mereka minat sekali. Sempat mengejar Zola saat masih TC di timnas. Namun, Zola kan masih punya kontrak dengan Persib, ingin menjaga etika kontrak dengan Persib, makanya dia belum memutuskan bagaimana. Persela juga minat untuk meminjam Zola lagi," katanya.

Baca juga: Gian Zola Harap Pelatih Baru Persib Beri Waktu Bermain

Performa Zola bersama timnas menjadi ajang pembuktian jika layak mendapat kesempatan bermain. Budi pun berterima kasih kepada Pelatih timnas U-22, Indra Sjafri, yang bisa mengeluarkan potensi Zola.

"Zola juga sebelumnya pernah masuk di U-23 era Luis Milla. Namun, menjelang Asian Games tercoret dari skuad. Setelah bermain bagus di Persela, dia dipanggil lagi. Alhamdulillah dengan polesan coach Indra, dia main tidak stylish lagi, dia sekarang punya mobilitas. Potensinya lebih keluar lagi, lebih bertenaga," katanya. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X