Jelang Piala Presiden, BOPI Berikan Catatan untuk PSSI

Kompas.com - 27/02/2019, 15:08 WIB
Ketua Umum BOPI, Richard Sam Bera saat bertemu dengan Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria di Wisma Kemenpora, Jakarta, Jumat (22/2/2019). Kompas.com/Alsadad RudiKetua Umum BOPI, Richard Sam Bera saat bertemu dengan Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria di Wisma Kemenpora, Jakarta, Jumat (22/2/2019).
Penulis Alsadad Rudi
|
 
JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Olahraga Profesional Indonesia ( BOPI) memberikan beberapa catatan penting untuk Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia ( PSSI) menjelang bergulirnya Piala Presiden 2019. Turnamen pramusim tersebut dijadwalkan berlangsung dari 2 Maret hingga 12 April.
 
Beberapa catatan itu di antaranya soal kepastian pemain asing dengan visa yang tepat. Ia meminta federasi sejak awal memperjelas status pemain yang ikut pertandingan, bukan dengan membawa dokumen visa wisata. 
 
“Saya minta jangan ada lagi pemain asing yang masuk dengan visa wisata, lalu ikut turnamen. Ada yang namanya visa terbatas. Mungkin itu lebih tepat,” kata Ketua Umum BOPI, Richard Sam Bera, lewat keterangan tertulisnya, Rabu (27/2/2019).
 
 
Selain itu, menjelang pemilu 2019 ini, BOPI juga  meminta PSSI agar benar-benar memperhatikan potensi kerusuhan antar penonton, terlebih saat ini adalah musim kampanye politik. 
 
“Saya minta selama turnamen tidak boleh terjadi pelanggaran-pelanggaran peraturan terkait kampanye Pilpres/Pileg 2019, termasuk tinggginya potensi kerusuhan,” ujar Richard.
 
Richard menyatakan BOPI memiliki tugas memastikan seluruh penyelenggaraan olahraga profesional sesuai dengan konstitusi negara. Untuk itu, Richard meminta PSSI memperhatikan beberapa hal penting agar penyelenggaraan berjalan sukses, baik, aman, tertib, bermartabat, dan transparan. 
 
Terkait dengan kontrak pemain, BOPI akan memberikan kelonggaran. Meski demikian, Richard memastikan saat liga ke depan, semua aturan dan persyaratan wajib dipenuhi. 
 
 
Richard berharap turnamen Piala Presiden 2019 dapat berjalan dengan baik. Menurutnya, laga pramusim menjadi pintu masuk perbaikan kualitas penyelenggaraan liga tahun ini. 
 
“Saya juga berharap turnamen Piala Presiden berjalan dengan ini menjadi uji coba terhadap Liga nanti, sehingga jika pramusim sukses, mudah-mudahan Liga juga sukses,” ujar dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X