Juara Piala AFF U-22, Rahasia Kehebatan Awan Setho dan Kado untuk Kakak

Kompas.com - 27/02/2019, 07:40 WIB
Pemain Timnas U-22 merayakan kemenangan seusai pertandingan final Piala AFF U-22 2019 di Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2/2019). Indonesia menjadi  juara setelah mengalahkan Thailand di babak final dengan skor 2-1. ANTARA FOTO/NYOMAN BUDHIANAPemain Timnas U-22 merayakan kemenangan seusai pertandingan final Piala AFF U-22 2019 di Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2/2019). Indonesia menjadi juara setelah mengalahkan Thailand di babak final dengan skor 2-1.
|

KOMPAS.COM — Salah satu pilar penting dari keberhasilan timnas U-22 Indonesia menjuarai Piala AFF U-22 2019 adalah Awan Setho Raharjo.

Awan Setho menjadi kiper utama timnas U-22. Kiper Bhayangkara FC tersebut mencatat 4 penampilan dari 5 pertandingan yang dilakoni timnas.

Awan hanya absen sekali saat timnas U-22 ditahan Malaysia dengan skor 2-2 pada pertandingan kedua, 20 Februari. Saat itu, posisi Awan Setho diisi oleh Satria Tama.

Lalu bagaimana rapor Awan selama turnamen? Indra Sjafri tidak salah memilih Awan sebagai kiper utama. Awalnya, Awan gagal menjaga kesterilan gawangnya.

Baca juga: Timnas Indonesia Juara AFF U-22, Kado Kesejukan di Tengah Kepahitan

Namun, setelah itu Awan mencatatkan dua clean sheet alias tidak kebobolan saat Indonesia mengalahkan Kamboja (2-0) dan Vietnam (1-0).

Sayang, Awan gagal meneruskan catatan clean sheet pada partai final. Kiper asal Semarang tersebut kebobolan satu gol saat Indonesia mengalahkan Thailand dengan skor 2-1.

Terlepas dari itu, Awan tampil heroik pada partai puncak tersebut. Dia mencatatkan 5 penyelamatan.

Baca juga: Juara Piala AFF U-22, 4 Pertanyaan untuk Marinus, Sang Top Skor

Kiper timnas U-22 Indonesia, Awan Setho. Dok. Pribadi Kiper timnas U-22 Indonesia, Awan Setho.

Kepada Kompas.com, Awan mengungkapkan rahasia di balik penampilan gemilang selama Piala AFF U-22 2019.

"Yang penting dapat kepercayaan dari pelatih dan pemain. Itu sudah memberi motivasi tersendiri buat saya," kata Awan kepada Kompas.com, Selasa (26/2/2019) malam.

Awan kemudian sedikit menjelaskan faktor kesuksesan timnas U-22. "Yang penting main ikhlas dan alhamdulillah juara," ujarnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X