Kalahkan Thailand, Indonesia Juara Piala AFF U-22 2019

Kompas.com - 26/02/2019, 20:22 WIB
Pelatih Timnas U-22 Indra Sjafri (kedelapan kiri) bersama Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi (ketujuh kiri) memegang piala beserta pemain dan Ofisial Timnas Indonesia seusai penganugerahan Piala AFF U-22 2019 di Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2/2019). Indonesia menjadi juara setelah mengalahkan Thaliand dengan skor 2-1. ANTARA FOTO/NYOMAN BUDHIANAPelatih Timnas U-22 Indra Sjafri (kedelapan kiri) bersama Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi (ketujuh kiri) memegang piala beserta pemain dan Ofisial Timnas Indonesia seusai penganugerahan Piala AFF U-22 2019 di Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2/2019). Indonesia menjadi juara setelah mengalahkan Thaliand dengan skor 2-1.

KOMPAS.com — Indonesia meraih Piala AFF U-22 2019. Pada final di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2/2019) malam, pasukan Indra Sjafri menang 2-1 atas Thailand yang merupakan juara bertahan.

Setelah bermain imbang tanpa gol pada paruh pertama, Thailand mengejutkan kubu Indonesia ketika menjebol gawang Awan Setho pada menit ke-57. Saringkan Promsupa bisa memanfaatkan tendangan bebas untuk menghasilkan gol.

Baca Juga: Bek Timnas U-22 Indonesia: Thailand Tim yang Kuat, tetapi...

Indonesia memberikan respons yang sangat bagus karena hanya berselang dua menit, mereka bisa menyamakan skor. Sani Rizki melepaskan tendangan keras yang membentur kepala Marco Ballini dan berbuah gol bagi Garuda Muda.

Bak kesetanan, Indonesia kian bergairah melancarkan serangan setelah gol tersebut. Alhasil, Indonesia mencetak gol kedua pada menit ke-63 lewat sundulan Osvaldo yang menyambut umpan tendangan bebas dari sisi kiri pertahanan Thailand. Skor 2-1 bertahan hingga laga usai dan Indonesia juara dalam debutnya pada turnamen ini.

Baca juga: JEO-Timnas Indonesia Juara AFF U-22, Kado Kesejukan di Tengah Kepahitan

Piala AFF U-22 merupakan edisi kedua. Sebelumnya, turnamen ini bernama Piala AFF U-23 yang pertama kali digelar pada 2005 dan Thailand menjadi juara setelah menang 3-0 atas Singapura dalam final di Stadion Thai Army Sports, Thailand. Dari 2006 hingga 2018, kompetisi ini tidak digulirkan.

Hasil ini pun menghadirkan sejarah bagi Indra Sjafri karena untuk kali kedua dia membawa tim muda Indonesia meraih gelar juara. Sebelumnya, Indra mengantarkan timnas U-19 Indonesia juara Piala AFF U-19 2013.

Baca review selengkapnya: Indonesia Vs Thailand, Garuda Muda Buat Sejarah Juarai Piala AFF U-22

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X