Indonesia Vs Thailand, 5 Fakta soal Timnas U-22 Indonesia

Kompas.com - 26/02/2019, 07:20 WIB
Pelatih Timnas U-22 Indra Sjafri (tengah) bersama tim ofisial Indonesia dan para pemain menyapa para pendukung Timnas Indonesia seusai pertandingan Semi Final Piala AFF U-22 melawan Vietnam di Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Minggu (24/2/2019). Timnas U-22 Indonesia berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 1-0 sehingga melaju ke babak final. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/aww.Nyoman Budhiana Pelatih Timnas U-22 Indra Sjafri (tengah) bersama tim ofisial Indonesia dan para pemain menyapa para pendukung Timnas Indonesia seusai pertandingan Semi Final Piala AFF U-22 melawan Vietnam di Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Minggu (24/2/2019). Timnas U-22 Indonesia berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 1-0 sehingga melaju ke babak final. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/aww.

KOMPAS.com - Timnas u-22 Indonesia akan berhadapan dengan Thailand pada laga final Piala AFF U-22 2019, Selasa (26/02/2019).

Laga di Stadion Nasional, Phnom Penh, itu akan disiarkan langsung oleh RCTI mulai pukul 18.30 WIB.

Tidak ada yang menduga anak asuh Indra Sjafri bisa melaju hingga babak final. Tidak pernah menang dalam tiga laga sebelum turnamen menjadi alasannya.

Keraguan itu berlanjut ketika Indonesia tidak bisa menang dalam dua laga pembuka Grup B.
Namun, Indra Sjafri kembali membuktikan kualitasnya dengan mengantar Indonesia melaju ke babak final kali ini.

Baca juga: Prediksi Susunan Pemain Laga Final Timnas U-22 Indonesia Vs Thailand di Piala AFF U-22

Kompas.com merangkum lima fakta timnas u-22 Indonesia hingga melaju ke babak final Piala AFF U-22 2019. Berikut adalah lima fakta tersebut:

1. Empat Pemain Tidak Pernah Dirotasi

Pemain timnas U-19 Indonesia Witan Sulaeman merayakan golnya ke gawang UEA dalam laga lanjutan Grup A Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (24/10/2018).SUPERBALL/FERI SETIAWAN Pemain timnas U-19 Indonesia Witan Sulaeman merayakan golnya ke gawang UEA dalam laga lanjutan Grup A Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (24/10/2018).

Terdapat empat pemain timnas u-22 Indonesia yang selalu diturunkan Indra Sjafri sejak awal laga dalam tiga laga fase grup dan semifinal.

Empat pemain tersebut adalah Muhammad Luthfi Kamal, Osvaldo Haay, Asnawi Mangkualam Bahar, dan Gian Zola Nasruloh.

Pada turnamen ini, Indra Sjafri memang sering melakukan rotasi pemain. Tercatat hanya satu pemain yang tidak pernah dimainkan Indra Sjafri.

Baca juga: Indra Sjafri Berpeluang Ulangi Sejarah Timnas Indonesia di Piala AFF

Satu pemain itu adalah penjaga gawang Muhammad Riyandi. Sisanya, sebanyak 22 pemain sudah merasakan tampil entah itu sejak awal laga atau pemain pengganti.

2. Sudah Cetak Enam Gol dari Empat Pemain

Striker timnas u-22 Indonesia, Marinus Wanewar (kiri) saat melakukan selebrasi gol ke gawang Kamboja pada laga pamungkas Grup B Piala AFF U-22 2019 di Stadion Nasional, Phnom Penh, Jumat (22/02/2019).DOK. PSSI Striker timnas u-22 Indonesia, Marinus Wanewar (kiri) saat melakukan selebrasi gol ke gawang Kamboja pada laga pamungkas Grup B Piala AFF U-22 2019 di Stadion Nasional, Phnom Penh, Jumat (22/02/2019).

Hingga babak semifinal, Indonesia sudah mencetak enam gol dari empat laga. Jumlah tersebut terbagi menjadi lima gol di fase grup dan satu di babak semifinal.

Torehan itu membuat Indonesia menjadi tim paling produktif bersama Vietnam yang sudah tersingkir.

Baca juga: Jelang Final Piala AFF U-22 - Satu Hal yang Harus Diwaspadai Indonesia dari Thailand

Marinus Wanewar menjadi pemain Indonesia yang paling banyak mencetak gol. Penyerang asal Papua itu untuk sementara menjadi top skor turnamen dengan koleksi tiga gol.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X