Kiper Timnas U-22 Indonesia Terus Asah Kemampuan Susun Serangan

Kompas.com - 25/02/2019, 14:36 WIB
Pemain Timnas U-22 Indonesia Awan Setho Raharjo (ketiga kiri) berpelukan dengan rekannya Bagas Adi Nugroho (kedua kiri) setelah memenangkan pertandingan Semi Final Piala AFF U-22 melawan Vietnam di Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Minggu (24/2/2019). Timnas U-22 Indonesia berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 1-0 sehingga melaju ke babak final. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/aww. Nyoman BudhianaPemain Timnas U-22 Indonesia Awan Setho Raharjo (ketiga kiri) berpelukan dengan rekannya Bagas Adi Nugroho (kedua kiri) setelah memenangkan pertandingan Semi Final Piala AFF U-22 melawan Vietnam di Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Minggu (24/2/2019). Timnas U-22 Indonesia berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 1-0 sehingga melaju ke babak final. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/aww.
|

KOMPAS.com - Kiper tim nasional U-22 Indonesia, Awan Setho Raharjo, mengaku ingin terus mengasah kemampuan dalam membantu membangun serangan tim dari lini paling belakang.

Menurut dia, kemampuan tersebut menjadi kewajiban bagi seorang kiper dalam permainan sepak bola modern.

"Awalnya sulit, tetapi tetap belajar terus untuk itu setiap hari," kata Awan selepas mengikuti sesi latihan timnas U-22 di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Senin pagi.

"Sekarang sepak bola modern serangan mulainya dari kiper, dari belakang, distribusinya harus bagus, pasti ke depan akan bagus," ujar dia.

Awan sejauh ini telah dipercaya untuk tampil dalam tiga dari empat pertandingan yang sudah dijalani Garuda Muda di Piala AFF U-22.

Baca juga: Kalahkan Vietnam 1-0, Timnas U-22 ke Final Piala AFF

Setelah kebobolan dalam 13 menit pertama di turnamen tersebut oleh pemain sayap Myanmar Myat Kaung Khat, gawang Awan hingga saat ini belum kemasukan gol lagi.

Dia mampu memastikan tuan rumah Kamboja tak mencetak gol saat Indonesia menang 2-0 di laga pamungkas penyisihan Grup B dan menghalau sejumlah peluang Vietnam dalam pertandingan semifinal demi melangkah ke final berbekal kemenangan 1-0.

Namun, Awan mengaku tak mau menjadikan catatan clean sheet di dua laga tersebut sebagai sesuatu yang harus dibesar-besarkan dan memilih untuk fokus menyiapkan diri menghadapi partai final melawan Thailand semata.

"Kami sudah fokus buat pertandingan final saja," kata Awan mantap.

Indonesia akan berhadapan dengan Thailand di partai puncak Piala AFF U-22 di Stadion Nasional, Selasa (26/2/2019) malam.

Baca juga: Kalahkan Kamboja, Thailand Bertemu Indonesia pada Final Piala AFF U-22

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X