Identitas Real Madrid dan Esensi Barcelona Setelah Lionel Messi

Kompas.com - 21/02/2019, 19:00 WIB
Lionel Messi mengawali laga Barcelona vs Real Madrid di Stadion Camp Nou dalam semifinal Copa del Rey dari bangku cadangan, 6 Februari 2019. AFP/JOSEP LAGO Lionel Messi mengawali laga Barcelona vs Real Madrid di Stadion Camp Nou dalam semifinal Copa del Rey dari bangku cadangan, 6 Februari 2019.

KOMPAS.COM - Seperti apa FC Barcelona tanpa Lionel Messi? Pertanyaan itu mencuat di kepala saya setelah Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, berbicara tentang masa depan Lionel Messi.

Wajar, Lionel Messi akan berusia 32 tahun dalam waktu kurang dari lima bulan lagi. Masa senja kariernya sudah di depan mata.

"Saya pikir tak ada yang bisa menggantikan Messi, tidak di Barcelona atau klub lain," ujar Bartomeu seperti dikutip KOMPAS.com dari Sport.

"Kami tentu mulai berpikir tentang masa depan setelah Messi. Namun, itu masih jauh. Lionel Messi masih pemain muda, ia 31 tahun dan punya kontrak hingga dua tahun lagi," ujar Bartomeu lagi.

Kita tak akan pernah tahu apa yang bakal terjadi setelah 2021. Sepak bola bekerja dengan skala berbeda, dua tahun adalah waktu yang sangat lama dan segala sesuatu bisa saja terjadi.

Messi dapat saja memperpanjang kontrak dan menghabiskan beberapa tahun tambahan di Camp Nou. Akan tetapi, ia bisa juga tidak mengambil kontrak anyar.

Mari kita ambil skenario kedua untuk artikel ini.

Jendela untuk melihat apa yang bakal terjadi pada Barcelona pasca-Messi bisa kita lihat sekarang, yakni pada Real Madrid seusai kehilangan Cristiano Ronaldo setelah 10 tahun kebersamaan.

Saya sempat bertanya kepada Rodrigo Gallego, perwakilan La Liga di Indonesia, soal pendapatnya mengenai Real Madrid dan Liga Spanyol yang telah kehilangan Cristiano Ronaldo ke Liga Italia.

Baca juga: Ayah Neymar Bantah Rumor Sang Anak Kembali ke Barcelona

Rodrigo adalah pemuda asli Madrid. Ia lahir di ibu kota Spanyol itu dan pernah mengecap pendidikan di akademi Real Madrid.

Ia pun mengatakan bahwa tak ada pemain yang lebih besar dari mantan klubnya tersebut.

"Cristiano boleh pergi tetapi Real Madrid tetap akan ada jauh setelah ia pensiun," tutur Rodrigo.

Halaman:



Close Ads X