Ihsan Maulana dan Fisik yang Tak Pernah Bugar Sejak Akhir 2015

Kompas.com - 20/02/2019, 16:40 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Ihsan Maulana Mustofa, seusai berlaga pada Djarum Superliga Badminton 2019, di Sabuga, Bandung, Rabu (20/2/2019). KOMPAS.COM/NUGYASA LAKSAMANAPebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Ihsan Maulana Mustofa, seusai berlaga pada Djarum Superliga Badminton 2019, di Sabuga, Bandung, Rabu (20/2/2019).

BANDUNG, KOMPAS.com - Nama Ihsan Maulana Mustofa sempat mencuat ketika dia menjadi pemain termuda yang berhasil masuk skuad Indonesia untuk Piala Thomas 2014. Ia pun didaulat sebagai calon bintang tunggal putra masa depan.

Namun, beberapa tahun belakangan ini, pamor Ihsan justru meredup. Ia seperti "tertinggal" jika dibandingkan dengan Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie yang juga anggota pelatnas PBSI.

Ketika Anthony dan Jonatan berada di peringkat ke-10 besar dunia, Ihsan justru kini tercecer di posisi ke-42. Salah satu faktor yang membuatnya tertinggal adalah persoalan cedera.

Baca juga: Spain Masters 2019, Tontowi Akui Masih Kurang Kompak dengan Winny

Ihsan mengaku, sejak cedera lutut pada 2015 akhir, fisiknya selalu bermasalah sehingga dia tak bisa mendapatkan stamina yang optimal.

"Tadinya antara saya, Jonatan, dan Ginting itu memang sejajar terus. Sekarang saya tertinggal jauh dari mereka. Tetapi, saya enggak fokus harus mengejar mereka," kata Ihsan saat ditemui Kompas.com di area mixed zone Sabuga, Bandung, Rabu (20/2/2019).

"Sekarang saya coba step by step saja. Lakukan yang terbaik. Fokus sama diri sendiri saja, saya kurangnya di mana. Bagi saya memang enggak mudah," tutur dia.

Ihsan kemudian merunut insiden cedera yang dialaminya. Pada 2015, ia sempat terjatuh dan mengalami rasa nyeri di bagian lutut.

Ihsan Maulana Mustofa memastikan kemenangan Indonesia pada pertandingan ketiga melawan Kanada Piala Thomas 2018, Minggu (20/5/2018).DOK. BADMINTON INDONESIA Ihsan Maulana Mustofa memastikan kemenangan Indonesia pada pertandingan ketiga melawan Kanada Piala Thomas 2018, Minggu (20/5/2018).

Kembali pada awal 2016, Ihsan menjalani momen sulit ketika dia sering menelan kekalahan. Rentetan hasil minor itu membuat peringkatnya menurun.

Setelah itu, Ihsan sempat mencuri perhatian pada Indonesia Open 2016 dengan menembus babak semifinal. Namun pada fase itu, Ihsan kalah dari bintang Malaysia, Lee Chong Wei.

Kendala fisik tak berhenti sampai di situ. Ihsan lagi-lagi mengalami aneka cedera seperti masalah pinggang dan keseleo di bagian tubuh lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X