Jordi Alba Terancam Melewatkan El Clasico

Kompas.com - 18/02/2019, 16:07 WIB
Bek Barcelona, Jordi Alba.AFP Bek Barcelona, Jordi Alba.

KOMPAS.com — Pemain belakang Barcelona, Jordi Alba, terancam tak bisa terlibat dalam El Clasico melawan rival abadi mereka, Real Madrid. Pasalnya, pemain internasional Spanyol ini sudah mengoleksi empat kartu kuning sehingga satu pelanggaran lagi membuat dia melewatkan partai sangat bergengsi itu.

Liga Spanyol menerapkan aturan setiap lima kartu kuning membuat seorang pemain absen dalam satu pertandingan domestik. Dengan demikian, Alba tak boleh menerima lagi kartu kuning saat melawan Sevilla pada 23 Februari sehingga bisa bergabung dengan tim saat menyambangi Santiago Bernabeu pada 2 Maret.

Baca Juga: Alba Bicara soal Kontrak dan Tuduhan Miring terhadap Ramos

Tanpa pemain senior yang bisa melapisi Alba di sektor bek kiri, situasi tersebut tentu saja menjadi perhatian pelatih Ernesto Valverde. Apalagi, bek Clement Lenglet dan gelandang Arturo Vidal juga sudah mengoleksi empat kartu kuning di liga, sementara itu Gerard Pique, Samuel Umtiti, dan Luis Suarez masing-masing tiga.

Alba dan Suarez juga sangat berisiko terkena larangan bermain dalam ajang Copa del Rey setelah mengoleksi tiga kartu kuning pada event tersebut sepanjang musim 2018-2019. Satu kartu kuning lagi dalam leg kedua semifinal melawan Real Madrid akan membuat dua pemain itu hanya jadi penonton pada partai final.

Andai Alba benar-benar menerima kartu kuning saat melawan Sevilla sehingga absen dalam El Clasico, ini menjadi kerugian besar bagi Barca. The Catalans, julukan Barca, sedang memimpin klasemen sementara dengan koleksi 54 poin, unggul sembilan angka atas Madrid di urutan ketiga.

Sepanjang musim ini, Alba sudah terlibat dalam 23 pertandingan La Liga dengan kontribusi satu gol dan sembilan asis.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X