Babak 16 Besar Piala Indonesia, Aji Santoso Paham Gaya Melatih Teco

Kompas.com - 17/02/2019, 22:20 WIB
Aji Santoso dan tim pelatih Persela Lamongan, saat memberikan arahan kepada para pemain di akhir agenda seleksi, Rabu (9/1/2019).KOMPAS.com / Hamzah Aji Santoso dan tim pelatih Persela Lamongan, saat memberikan arahan kepada para pemain di akhir agenda seleksi, Rabu (9/1/2019).

LAMONGAN, KOMPAS.com - Persela Lamongan terakhir kali menghadapi Bali United di Stadion Surajaya, ketika kedua tim melakoni kompetisi Liga 1 musim 2018. Saat itu, kedua tim bermain imbang dengan skor 1-1. 

Tim Laskar Joko Tingkir unggul lebih dulu melalui Guntur Triaji, namun berhasil disamakan oleh Ilija Spasojevic.

Kedua tim kini akan kembali bertemu di tempat yang sama, pada leg pertama babak 16 besar Piala Indonesia yang bakal dilaksanakan Senin (18/2/2019) malam. Kemenangan pun coba dibidik tim tuan rumah, karena hasil seri tentu akan menyulitkan mereka untuk bisa lolos ke babak selanjutnya, lantaran leg kedua bakal digelar di markas Bali United.

"Kalau menarik kembali ke kompetisi yang kemarin, itu karena kesalahan kami sendiri, kalau saya lihat di televisi. Tetapi kami tetap harus mewaspadai kekuatan Bali, dengan pelatih baru dan materi pemain yang sudah kita tahu. Tapi tidak masalah, kami tetap pasang target poin 3," ujar pelatih Persela, Aji Santoso, Minggu (17/2/2019).

Baca juga: Joko Driyono, Valentine, dan Pertanyaan Pamungkas

Aji menilai, skuad Bali United tidak akan mudah dikalahkan karena diperkuat para pemain berkualitas. Terlebih, saat ini mereka diarsiteki oleh Stefano Cugurra, yang berhasil membawa Persija Jakarta sebagai juara Liga 1 musim 2018. Hanya saja Aji optimistis, peluang Persela untuk bisa mengalahkan tim Serdadu Tridatu masih terbuka.

"Kita belum tahu (permainan Bali United di bawah kendali Teco). Tapi kita lihat track record dari individu pemain, mereka punya pemain berkualitas. Tapi kekuatan mereka belum teruji juga saat ketemu dengan tim selevel, jadi saya belum tahu secara tim. Tapi kalau kualitas individu, mereka cukup berkualitas," ucap dia.

Hanya saja Aji meyakini, pola permainan yang bakal diterapkan Teco di Bali United tidak jauh berbeda dengan apa yang sudah diterapkan olehnya di Persija. Kalaupun ada, Aji meyakini perubahan tersebut tidak akan terlalu signifikan.

"Saya kira tidak ada perubahan, dengan coach Teco biasa menerapkan sepak bola menyerang. Karena sewaktu di Persija, dengan materi pemain berpengalaman dan bermental bagus, mereka berani menyerang. Jadi menurut saya, kalaupun ada perubahan, tidak signifikan," kata dia.

Dengan pengalaman tersebut, Aji pun coba menyiapkan serangkaian pola formasi untuk bisa mengalahkan Bali United dalam laga nanti. Meski saat ini Persela sudah tidak lagi diperkuat oleh Guntur, yang telah bergabung bersama TIRA-Persikabo.



Close Ads X