Chelsea Vs Man United, Zola Anggap Sarri Ball Proyek Ambisius

Kompas.com - 17/02/2019, 19:09 WIB
Gianfranco Zola ditunjuk sebagaia asisten pelatih Maurizio Sarri di Chelsea, 18 Juli 2018.TWITTER.com/CHELSEAFC Gianfranco Zola ditunjuk sebagaia asisten pelatih Maurizio Sarri di Chelsea, 18 Juli 2018.

KOMPAS.com - Asisten pelatih Chelsea, Gianfranco Zola, menilai filosofi yang diterapkan Maurizio Sarri pada tahun pertama berkompetisi di Inggris terlalu ambisius.

Hal ini diungkapkan Zola menjelang laga Chelsea versus Manchester United pada babak 16 besar Piala FA. Laga ini akan berlangsung di kandang Chelsea, Stadion Stamford Bridge, Senin (18/02/2019).

Menurut Zola, Sarri seharusnya sedikit mengubah filosofi bermain yang akrab dikenal dengan sebutan Sarri Ball itu. Adaptasi taktik menjadi sorotan Zola tentang Sarri.

"Sarri sudah memiliki filosofi kuat untuk diterapkan di Chelsea. Sarri ingin Chelsea mengontrol laga dibanding lawan sepanjang waktu. Itu sangat ambisius," kata Zola dikutip dari situs web resmi klub, Minggu (17/02/2019).

"Saya menganggap itu sangat ambisius terlebih ini Liga Inggris. Sudah ada dua atau tiga tim yang punya pakem bermain selama lebih dari tiga tahun," ujar Zola menambahkan.

Baca juga: Maurizio Sarri Seharusnya Belajar dari Kasus Jose Mourinho di Chelsea

Dalam beberapa laga terakhir, Chelsea dan filosofi Sarri memang menjadi perdebatan.

Sukses tidak terkalahkan dalam 18 laga di paruh pertama musim, Chelsea terseok-seok ketika masuk kalendar 2019.

Dalam empat laga terakhir di Liga Inggris, Chelsea hanya sekali menang dan sisanya kalah termasuk ketika dibantai Manchester City 0-6 pada pekan ke-26.

Meski begitu, Zola berharap Sarri tetap diberikan kesempatan menerapkan filosofi bermainnya. Menurut Zola, Sarri Ball hanya membutuhkan waktu untuk bisa diterapkan di Chelsea.

"Saya tahu itu ambisius, tapi ambisi juga penting dalam sepak bola. Anda terkadang harus percaya dengan apa yang anda lakukan dan diimbangi dengan kerja karas," kata Zola.

"Saya pikir Sarri selalu yakin dengan apa yang dia lakukan. Itu sangat penting. Saya percaya kami berada di jalur yang benar," ujar mantan penyerang asal Italia ini menambahkan.

Baca juga: Perburuk Keadaan, Sarri Perlakukan Satu Pemain Chelsea sebagai 'Hantu'

Laga melawan Man United tentunya menjadi waktu yang tepat untuk Sarri mengembalikan kepercayaan diri Chelsea.

Chelsea punya modal yang bagus karena baru saja menang 2-1 atas Malmo FC pada leg pertama 32 besar Liga Europa.

Di sisi lain, Man United bertandang ke Kota London dengan bekal kekalahan 0-2 dari Paris Saint-Germain pada leg pertama 16 besar Liga Champions.




Close Ads X