Mengenal Direktur Teknik di Klub Sepak Bola...

Kompas.com - 14/02/2019, 16:40 WIB
Pelatih U-17 Bayern Muenchen, Miroslav Klose, berfoto dengan Direktur Olahraga Bayern, Hasan Salihamidzic dan Direktur Kampus FC Bayern, Jochen Sauer.TWITTER.com/FCBayernEN Pelatih U-17 Bayern Muenchen, Miroslav Klose, berfoto dengan Direktur Olahraga Bayern, Hasan Salihamidzic dan Direktur Kampus FC Bayern, Jochen Sauer.

KOMPAS.com - Direktur teknik di klub sepak bola jamak terdengar di liga-liga Eropa, kecuali Liga Inggris. Lantas, apa peran mereka bagi klub yang menyewanya?

Dikutip dari situs web Bundesliga, direktur teknik biasanya diisi mantan pesepak bola yang paham dengan taktik dan strategi di lapangan, seorang ahli negosiasi, terutama dalam merekrut pemain, serta punya kemampuan lobi bagus dalam menjaga relasi.

Klub-klub sepak bola dari Eropa daratan biasanya punya seorang direktur sepak bola. Di Liga Italia, istilah tersebut jamak disebut sebagai manajer umum.

Lain halnya dengan di Inggris. Pelatih di negara tersebut disebut manajer karena tak hanya mengurus taktik dan strategi, tetapi juga menjalani peran sebagai manajer dalam berburu pemain.

Baca juga: Hasil Liga Jerman, Bayern Muenchen Gemilang, Dortmund Sial

Sementara itu, peran pelatih dan manajer di sebagian besar negara-negara Eropa lain dijalankan oleh dua orang berbeda.

Di Bundesliga contohnya. Seorang pelatih di Liga Jerman bertanggung jawab untuk memimpin tim, melatih, dan memilih pemain, sedangkan direktur teknik lebih ke kebijakan teknis di klub tersebut secara lebih komprehensif.

Dalam organigram organisasi klub, direktur teknik berdiri di antara petinggi atau direktur klub dengan pelatih. Mereka menjadi jembatan di antara dua orang tersebut.

Orang yang berkedudukan lebih tinggi punya hak untuk memilih atau memecat yang berada di bawahnya. Dalam hal ini, direktur teknik bisa memecat pelatih.

Ambil contoh Bayern Muenchen. Pelatih Niko Kovac harus melapor kepada Hasan Salihamidzic selaku direktur teknik klub. Salihamidzic lantas memberi laporan kepada CEO Karl-Heinz Rummenigge.

Mantan pemain Bayern itu juga bertanggung jawab mengawasi segala aktivitas yang berkaitan dengan teknik sepak bola. Dia juga bekerja sama dengan Presiden Uli Hoeness untuk memberi laporan kepada pemilik saham.

"Salihamidzic merupakan sosok yang serius dan pekerja keras. Di sisi lain, dia juga punya hubungan bagus selama di Bayern dan Italia," kata Rummenigge seperti dikutip dari situs web Bayern pada Juli 2017.

Baca juga: Sisihkan Philipp Lahm, Hasan Salihamidzic Jadi Direktur Teknik Bayern

"Pengalaman itu akan membantunya menjalani peran sebagai direktur teknik. Dia juga punya nilai tambah karena menguasai lima bahasa sehingga mudah berkomunikasi dengan pemain mancanegara di klub ini," tuturnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X