Komentar soal Wasit, Klopp Terancam Hukuman FA - Kompas.com

Komentar soal Wasit, Klopp Terancam Hukuman FA

Kompas.com - 14/02/2019, 07:40 WIB
Juergen Klopp ketika memberi instruksi kepada anak-anak asuhannya pada pertandingan Manchester City vs Liverpool di Stadion Etihad dalam lanjutan Liga Inggris, 3 Januari 2019.AFP/OLI SCARFF Juergen Klopp ketika memberi instruksi kepada anak-anak asuhannya pada pertandingan Manchester City vs Liverpool di Stadion Etihad dalam lanjutan Liga Inggris, 3 Januari 2019.

KOMPAS.com - Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, terancam dihukum oleh Asosiasi Sepak Bola Inggris ( FA) karena mengeluarkan komentar yang tidak pantas soal wasit.

FA merujuk komentar Klopp seusai laga West Ham United versus Liverpool di Stadion London pada pekan ke-24 Liga Inggris. Laga ini berakhir imbang dengan skor 1-1.

Pada laga itu, Liverpool unggul terlebih dahulu pada menit ke-22 lewat gol Sadio Mane memanfaatkan umpan James Milner.

Gol ini menjadi kontroversi karena dalam tayangan ulang posisi Milner sebelum memberi umpan silang berada dalam posisi offside.

Namun, gol ini tetap disahkan karena asisten wasit Kevin Friend tidak mengangkat bendera pertanda offside.

Baca juga: Total Poin untuk Juara Liga Inggris Plus Hasil Analisis, Liverpool atau Manchester City?

Seusai laga itu, Klopp mempertanyakan integritas Kevin Friend. Menurut Klopp, Friend seperti berat sebelah di babak kedua karena telah melakukan kesalahan fatal di babak pertama.

"Sebagai manusia, jika saya telah melakukan kesalahan, saya tentunya akan menebusnya. Wasit juga seorang manusia dan saya mengerti itu," kata Klopp seusai laga dikutip dari situs web Sky Sports.

Menanggapi hal ini, FA akan menunggu Klopp hingga Senin (18/2/2019) untuk melakukan pembelaan atau penjelasan komentarnya.

"Terkait komentar seusai laga West Ham versus Livepool, Klopp telah melanggar aturan FA poin E3 (1) terkait integritas perangkat pertandingan dalam hal ini wasit," tulis FA dalam pernyataan resminya dikutip dari situs web BT Sport.

Baca juga: Georginio Wijnaldum Berharap Liverpool Lanjutkan Tren Kemenangan

Di musim ini, Klopp sudah sekali dihukum denda oleh FA pada Desember 2018 lalu. Klopp dihukum karena memasuki lapangan ketika pertandingan belum selesai.

Hal itu dilakukan Klopp saat merayakan gol injury time Divock Origi ke gawang Everton. Atas perbuatan itu, Klopp didenda 8.000 pounds atau setara Rp 144 juta.



Close Ads X