Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajax Vs Real Madrid, Courtois Merasa Diuntungkan VAR

Kompas.com - 14/02/2019, 06:00 WIB
M. Hafidz Imaduddin,
Jalu Wisnu Wirajati

Tim Redaksi

Sumber BBC Sport

KOMPAS.com - Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois, merasa beruntung Liga Champions musim ini sudah menggunakan tekhnologi Vidoe Assistant Refferee (VAR). 

Hal ini diungkapkan Courtois setelah seusai laga Ajax Amsterdam vs Real Madrid yang berakhir 2-1 untuk kemenangan tim tamu pada laga pertama babak 16 besar di Johan Cruyff Arena, Rabu (13/2/2019) atau Kamis dini hari WIB.

Pada laga ini, untuk pertama kalinya keputusan wasit di Liga Champions dibuat setelah melihat tayangan VAR.

"Saya pikir wasit telah membuat keputusan tepat. Saat di lapangan, saya pikir gol dianulir karena offside yang menyundul bola, tetapi ternyata bukan," kata Courtois dikutip dari situs web BBC Sport.

"Dusan Tadic mencoba menghalangi saya ketika hendak menangkap bola dan dia dalam posisi offside. Beruntung ada VAR karena tidak ada yang melihat pelanggaran itu," ujar

Baca juga: Hasil Liga Champions - Real Madrid Menangi Duel Sengit Lawan Ajax

Peristiwa ini terjadi pada menit ke-38. Bermula dari sepak pojok Ajax, Courtois melakukan kesalahan ketika hendak menangkap bola.

Alhasil, bola liar berhasil disundul Nicolas Tagliafico dan masuk ke gawang. Saat pemain Ajax merayakan gol ini, wasit Damir Skomina, tidak langsung mengesahkan dan memilih melihat tayangan VAR.

Dalam tayangan ulang, ternyata Dusan Tadic menempel ke badan Courtois ketika Tagliafico menyundul bola.

Meski tidak melakukan gerakan aktif, posisi Tadic tetap dianggap offside karena menghalangi kiper.

Baca juga: Hasil Liga Champions - 84 Menit Tanpa Striker, Tottenham Hotspur Gilas Borussia Dortmund

Keputusan VAR bisa dikatakan sangat memengaruhi hasil laga. Pasalnya, sepanjang babak pertama Ajax sukses mengurung Real Madrid.

Pengalaman Real Madrid sebagai juara bertahan tiga kali beruntun dibuktikan di babak kedua. Karim Benzema mencetak gol pembuka Real Madrid pada menit ke-60.

Meski sempat disamakan oleh Hakim Ziyech (75'), Real Madrid pulang ke Spanyol dengan kemenangan berkat gol pemain pengganti, Marco Asensio (87').

Untuk lolos ke perempat final, Real Madrid hanya butuh hasil imbang pada laga kedua di Stadion Santiago Bernabeu pada 5 Maret 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC Sport
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com