Kompas.com - 14/02/2019, 06:00 WIB
Gol Nicolas Tagliafico pada pertandingan Ajax Amsterdam vs Real Madrid dalam babak 16 besar Liga Champions di Johan Cruyff Arena dianulir wasit, 13 Februari 2019. AFP/EMMANUEL DUNANDGol Nicolas Tagliafico pada pertandingan Ajax Amsterdam vs Real Madrid dalam babak 16 besar Liga Champions di Johan Cruyff Arena dianulir wasit, 13 Februari 2019.

KOMPAS.com - Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois, merasa beruntung Liga Champions musim ini sudah menggunakan tekhnologi Vidoe Assistant Refferee (VAR). 

Hal ini diungkapkan Courtois setelah seusai laga Ajax Amsterdam vs Real Madrid yang berakhir 2-1 untuk kemenangan tim tamu pada laga pertama babak 16 besar di Johan Cruyff Arena, Rabu (13/2/2019) atau Kamis dini hari WIB.

Pada laga ini, untuk pertama kalinya keputusan wasit di Liga Champions dibuat setelah melihat tayangan VAR.

"Saya pikir wasit telah membuat keputusan tepat. Saat di lapangan, saya pikir gol dianulir karena offside yang menyundul bola, tetapi ternyata bukan," kata Courtois dikutip dari situs web BBC Sport.

"Dusan Tadic mencoba menghalangi saya ketika hendak menangkap bola dan dia dalam posisi offside. Beruntung ada VAR karena tidak ada yang melihat pelanggaran itu," ujar

Baca juga: Hasil Liga Champions - Real Madrid Menangi Duel Sengit Lawan Ajax

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peristiwa ini terjadi pada menit ke-38. Bermula dari sepak pojok Ajax, Courtois melakukan kesalahan ketika hendak menangkap bola.

Alhasil, bola liar berhasil disundul Nicolas Tagliafico dan masuk ke gawang. Saat pemain Ajax merayakan gol ini, wasit Damir Skomina, tidak langsung mengesahkan dan memilih melihat tayangan VAR.

Dalam tayangan ulang, ternyata Dusan Tadic menempel ke badan Courtois ketika Tagliafico menyundul bola.

Meski tidak melakukan gerakan aktif, posisi Tadic tetap dianggap offside karena menghalangi kiper.

Baca juga: Hasil Liga Champions - 84 Menit Tanpa Striker, Tottenham Hotspur Gilas Borussia Dortmund

Keputusan VAR bisa dikatakan sangat memengaruhi hasil laga. Pasalnya, sepanjang babak pertama Ajax sukses mengurung Real Madrid.

Pengalaman Real Madrid sebagai juara bertahan tiga kali beruntun dibuktikan di babak kedua. Karim Benzema mencetak gol pembuka Real Madrid pada menit ke-60.

Meski sempat disamakan oleh Hakim Ziyech (75'), Real Madrid pulang ke Spanyol dengan kemenangan berkat gol pemain pengganti, Marco Asensio (87').

Untuk lolos ke perempat final, Real Madrid hanya butuh hasil imbang pada laga kedua di Stadion Santiago Bernabeu pada 5 Maret 2019.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BBC Sport
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.