Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Ad Hoc Bersinergi dengan Satgas Antimafia Sepak Bola

Kompas.com - 13/02/2019, 16:25 WIB
Ferril Dennys

Penulis

KOMPAS.com - Penasihat Komite Ad Hoc Integritas PSSI, Jenderal Pol (Purn) Badrodin Haiti, memaparkan sejumlah poin penting dari hasil hasil rapat pertama tim pada Rabu (13/2/2019).  

Badrodin Haiti menjadi satu dari tiga dewan penasihat komite independen yang hadir dalam rapat tersebut.

Badrodin menegaskan semua anggota komite telah menyamakan persepsi untuk melaksanakan tugas masing-masing. Mantan Kapolri ini memaparkan langkah Komite Ad Hoc Integritas untuk memerangi pengaturan skor.

“Tugas itu antara lain melakukan upaya pencegahan agar tidak terjadi lagi manipulasi pengaturan skor,” kata Badrodin. 

Komite Ad Hoc Kemudian melakukan deteksi dan menemukan pelanggaran-pelanggaran tersebut. “Nanti komite ini akan melakukan penyelidikan sehingga jelas pelanggaran itu nanti masuk ke ranah yudisial PSSI atau masuk ke ranah hukum pidana,” jelas Badrodin.

Baca juga: Pesan Sang Ayah yang Bikin Ratu Tisha Berani di Sepak Bola Indonesia

Banyak cara untuk mencegah pengaturan skor, seperti melakukan rewarning system atau pendeteksian terhadap pelanggaran di dalam lapangan hijau. Menurut Badrodin, deteksi pengaturan skor bisa dilakukan secara personal maupun sistem.

Deteksi bisa dilakukan melalui pengamatan dalam pertandingan sepak bola itu baik di Liga 1, Liga 2, maupun Liga 3. “Pengawasan tentu harus dilakukan dan jelas kami sampaikan, zero tolerance terhadap bentuk pelanggaran,” ucap Badrodin.

Bila masuk ke ke ranah hukum pidana bisa diselesaikan kepada kepolisian, tapi kalau masuk ke ranah hukum yudisial PSSI nanti diserahkan ke komite disiplin atau komite banding atau komite etik.

Badrodin menambahkan,  pendirian Komite Adhoc ini bukan untuk menghalangi proses penyidikan yang sedang dilakukan oleh Satgas Antimafia Bola. “Tetapi, kami bekerja sama untuk bisa menggelar sepak bola di Indonesia itu bisa bermartabaat dan juga jauh dari pelanggaran-pelanggaran seperti manipulasi dan pengaturan skor,” ujarnya. 

Baca juga: PSSI Pantau Perkembangan Kasus Marko Simic

Dalam kesempatan sama, Ketua Tim Ad Hoc Komite Integritas PSSI, Ahmad Riyadh menjelaskan, sinergi antara satgas pengaturan skor dan Komite Ad Hoc sudah terjalin

“Komunikasi lisan sudah, nanti kami bakal komunikasikan secara tertulis. Komite Ad Hoc ini berkirim surat audiensi kepada Kapolri. Tentu nanti dengan satgas untuk menyamakan persepsi juga tentang perbaikan sepakbola ke depan dan pemberantasan pengaturan skor,” paparnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com