Kompas.com - 13/02/2019, 16:00 WIB
Wawancara pelatih asal Skotlandia, Simon McMenemy, di Kantor PSSI, Jakarta, Kamis (31/1/2019). Simon didapuk menjadi pelatih tim nasional Indonesia, salah satu target yang diberikan PSSI adalah membawa timnas Indonesia menjadi juara di Piala AFF 2020. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOWawancara pelatih asal Skotlandia, Simon McMenemy, di Kantor PSSI, Jakarta, Kamis (31/1/2019). Simon didapuk menjadi pelatih tim nasional Indonesia, salah satu target yang diberikan PSSI adalah membawa timnas Indonesia menjadi juara di Piala AFF 2020.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelatih tim nasional Indonesia, Simon McMenemy, dijadwalkan akan menggelar pertemuan dengan seluruh pelatih klub Liga 1. Pertemuan tersebut akan berlangsung 25-26 Februari.

"Pertemuan tersebut bertujuan untuk menyesuaikan jadwal hingga pola latihan," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, di FX Office Tower, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Rapat antara pelatih timnas dan klub-klub Liga 1 diharapkan bisa membuat jalannya kompetisi berkesinambungan dengan target timnas.

Dengan demikian, diharapkan tak ada lagi rebutan kepentingan antara klub dan timnas dalam hal penggunaan pemain.

Baca juga: Ilham Udin Yakin Simon McMenemy Bawa Indonesia Raih Prestasi

"Di tingkat U-16 sudah mulai dilakukan. Pelatih-pelatih Elit Pro Academy selalu berkoodinasi. Kami harapkan yang senior juga seperti itu," ucap Tisha.

Pada tahun 2019, timnas Indonesia akan dihadapkan pada agenda kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023.

Untuk persiapan, Tisha menyebut timnas akan mekakoni dua laga uji coba internasional melawan Myanmar pada Maret dan Taiwan pada Juni. Keduanya dilakukan tandang.

Menurut Tisha, dua uji coba sengaja dilakukan tandang. Tujuannya sebagai adaptasi saat melakoni laga tandang pada babak kualifikasi.

Baca juga: Demi Prestasi Timnas, Simon McMenemy Akan Berkomunikasi dengan Klub

"Uji coba menjadi sangat penting untuk memperbaiki ranking FIFA agar bisa langsung lolos ke tahap dua kualifikasi. Jadi timnas senior diperkirakan sudah mulai pemusatan latihan awal Maret," pungkas Tisha.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.