Jalani Duet Baru, Tontowi Ingin Winny Lebih Berambisi

Kompas.com - 12/02/2019, 19:40 WIB
Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad, sedang berlatih bersama anaknya, di Istora Senayan, Jakarta.Dok. Instagram Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad, sedang berlatih bersama anaknya, di Istora Senayan, Jakarta.

KOMPAS.com - Pebulu tangkis Indonesia, Tontowi Ahmad, meminta pasangan barunya di sektor ganda campuran, Winny Oktaviana Kandow, meningkatkan ambisi untuk meraih prestasi.

Tontowi berduet dengan Winny mulai Februari 2019 setelah pasangan sebelumnya, Liliyana Natsir, memutuskan pensiun.

Duet Tontowi/Winny akan menjalani debut di Spain Masters 2019 Super 300, 19-24 Februari mendatang.

Kini, Owi, sapaan Tontowi, sedang menggenjot latihan bersama Winny untuk menjalin kekompakan. 

"Fokus latihan kami lebih banyak dalam hal kekompakkan. Misalnya, drilling berpasangan, saat game juga bareng," kata Tontowi saat ditemui BolaSport.com di hall pelatnas Cipayung, Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Owi mengakui bahwa tidak ada kendala dalam menjalin kekompakan dengan Winny. Hanya, dia ingin Winny menyamakan ambisi dengannya. Dia ingin Winny lebih percaya diri mengejar gelar juara.

Baca juga: Tontowi Fokus Bangun Kekompakan dengan Winny

"Saya sama Winny tidak ada kesulitan. Maksudnya, kesulitan lebih ke ambisi saja. Saya berharap, saya dan Winny berambisi tidak mau kalah dari mind set-nya. Mind set kami tuh asyik terus. Saya berharap Winny juga jangan mentang-mentang masih muda, tidak ada kepercayaan diri," tutur Tontowi.

Meski baru berusia 20 tahun, Owi berharap Winny bisa tetap percaya diri saat bertandem dengannya dan melawan musuh-musuh yang lebih tangguh.

"Saya harap siapa pun lawan yang dihadapi, dia bisa bermain lepas. Saya juga tidak sekadar berharap Winny bisa tampil bagus. Saya juga ingin menunjukkan lewat latihan dulu. Saat latihan, saya menambah porsi latihan dan bersemangat," ucap Owi.

"Inti pertandingan adalah latihan. Saya ingin menunjukkan kalau ingin hasil pertandingan bagus, latihannya juga harus bagus. Saya tidak mau asal berlatih, tetapi ingin serius, tidak mau bermalas-malasan," ujar dia menambahkan.

Baca juga: Harapan Tontowi Ahmad untuk Praveen/Melati dan Hafiz/Gloria

Owi menjelaskan bahwa kualitas latihan yang bagus akan terbawa saat mereka bertanding. Oleh karena itu, dia berharap Winny selalu serius berlatih.

"Saya mencontohkan Winny seperti itu. Ini loh Win, ga mau kalah di pertandingan. Jangan merasa muda, buktinya ci Butet umur 19 tahun bisa jadi juara dunia. Berarti, dia punya mind set bagus," kata Owi.

"Saya tidak mau ada pemikiran seperti itu bahwa saya dibawa sama bang Owi. Saya mau dia berpikir sendiri, Gimana caranya dia berambisi tidak mau kalah meskipun bertemu musuh unggulan," ucap dia menambahkan.

Setelah Spain Masters, Tontowi/Winny juga akan tampil di German Open (26 Februari-3 Maret) dan All England (6-10 Maret). (Delia Mustikasari)




Close Ads X