Chong Wei Siap Bersaing untuk Wakili Malaysia ke Olimpiade 2020

Kompas.com - 12/02/2019, 09:02 WIB
Pemain tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei bertanding melawan pemain tunggal putra India, Prannoy Haseena Sunil Kumar pada pertandingan babak kedua BCA Indonesia Open Super Series Premier 2017 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Kamis (15/6/2017). Lee Chong Wei gagal melaju ke perempat final setelah kalah dengan skor 10-21 dan 18-21.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Pemain tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei bertanding melawan pemain tunggal putra India, Prannoy Haseena Sunil Kumar pada pertandingan babak kedua BCA Indonesia Open Super Series Premier 2017 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Kamis (15/6/2017). Lee Chong Wei gagal melaju ke perempat final setelah kalah dengan skor 10-21 dan 18-21.

KOMPAS.com - Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, mengaku siap bersaing memperebutkan tiket menuju Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang. Lee Chong Wei yang saat ini menjalani masa pemulihan pascaoperasi kanker hidung, akan berkompetisi dengan dua rekan senegaranya, Lee Zii Jia dan Liew Daren.

Periode kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 dijadwalkan dimulai pada 1 Mei 2019. Atlet yang berhak mengikuti ajang empat tahunan tersebut mereka yang berada di peringkat 16 besar dunia selama periode kualifikasi berlangsung.

Baca Juga: Ditarik dari All England 2019, Ganda Malaysia Bertekad Perbaiki Diri

Namun yang perlu digarisbawahi ialah bahwa setiap negara hanya boleh mengirimkan maksimal dua wakil dalam nomor pertandingan yang sama. Jadi, apabila suatu negara memiliki tiga atau lebih atlet yang berada pada peringkat 16 besar, maka yang berhak mengikuti Olimpiade hanyalah dua atlet peringkat teratas.

Hal inilah yang tampaknya sedikit mengusik pikiran Lee Chong Wei. Tiga medali perak Olimpiade yang telah diraih nyatanya belum memudarkan ambisi pria 36 tahun ini untuk mewakili Malaysia pada Olimpiade 2020.

Meski demikian, Chong Wei menyadari adanya ancaman yang datang dari calon penerusnya, Lee Zii Jia, dan rekan satu angkatannya, Liew Daren. Dua rivalnya itu pasti sangat ingin melakukan debut mereka di kompetisi sekelas Olimpiade. Apalagi, semenjak Chong Wei absen, keduanya menunjukkan performa yang cukup ciamik.

Tahun lalu Lee Zii Jia sukses menjuarai Chinese Taipei Open di mana pada laga semifinal berhasil mengalahkan unggulan pertama tuan rumah, Chou Tien Chen. Prestasi tersebut membuat pemain 20 tahun ini menduduki peringkat 28 dunia yang juga menjadikannya tunggal putra nomor satu Malaysia.

Baca Juga: Lee Chong Wei Ditargetkan Tampil di Malaysia Open 2019

Sementara itu Liew Daren berada satu peringkat di bawah Zii Jia, yakni ke-29, dan disusul Chong Wei yang merosot ke peringkat 30. Chong Wei pun sedikit berbagi tentang perasaannya jelang kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

"Ini akan menjadi kualifikasi (Olimpiade) ke-5 saya. Zii Jia dan Daren sama sekali belum pernah lolos kualifikasi," ucap Chong Wei dikutip BolaSport.com dari The Star.

"Saya baik-baik saja jika kali ini tidak lolos. Yang terpenting bagi saya saat ini adalah kesehatan saya," kata mantan pemain nomor satu dunia ini.

"Semoga para pemain terbaik yang akan menang. Ini adalah kompetisi yang adil dan terbuka, jadi siapa pun yang berusaha dengan baik berhak untuk pergi ke Tokyo," imbuhnya.

Baca Juga: Kento Momota Rindu Bertarung dengan Lee Chong Wei

Kendati demikian, masih banyak khalayak yang berpikir jika Chong Wei tak lolos kualifikasi Olimpiade, maka hal itu dapat memperkecil prospek Malaysia dalam perolehan medali.

"Tidak adil jika berpikir bahwa hanya saya yang mampu untuk menyumbang medali. Semua kemungkinan bisa terjadi dan kita semua melihatnya di Olimpiade Rio 2016," tuturnya.

"Tidak ada yang menyangka rekan saya yang lain (Goh V Shem/Tan Wee Kiong dan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying) mampu meraih medali meski itu adalah perak," imbuhnya.

"Mulai saat ini, sudah bukan saatnya untuk berbicara mengenai target medali. Kita semua harus fokus untuk periode kualifikasi terlebih dahulu," kata Chong Wei memungkasi. (Nestri Yuniardi)



Close Ads X