Alasan TNI AU Ajak Liliyana Natsir Tanding Bulu Tangkis di Pesawat

Kompas.com - 09/02/2019, 18:46 WIB
Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia, Liliyana Natsir, saat menyampaikan pidato perpisahannya di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (27/1/2019). Liliyana memutuskan pensiun dan Indonesia Masters 2019 menjadi turnamen terakhirnya.Dok. PBSI Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia, Liliyana Natsir, saat menyampaikan pidato perpisahannya di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (27/1/2019). Liliyana memutuskan pensiun dan Indonesia Masters 2019 menjadi turnamen terakhirnya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak TNI Angkatan Udara (TNI AU) menantang Liliyana Natsir untuk bermain bulu tangkis di dalam kabin pesawat C-130 Hercules pada Sabtu (9/2/2019).

Acara itu pun berlangsung lancar. Dimulai pada pukul 10.00 WIB di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta, Liliyana dan rekannya, Debby Susanto, bertanding di atas ketinggian 17.500 kaki dengan para kru penerbang.

Letkol Sus Muhammad Yuris selaku Kasubdispenum TNI AU menyatakan bahwa kegiatan bertajuk #JoyFlightWithButet itu merupakan apresiasi atas jasa Liliyana yang telah mengharumkan nama bangsa lewat bulu tangkis.

Baca juga: Liliyana Natsir Main Bulu Tangkis di Atas Ketinggian 17.500 Kaki

Letkol Yuris bercerita, kegiatan itu tercetus setelah ramainya pemberitaan dan cuitan netizen di media sosial mengenai laga terakhir Liliyana, serta acara perpisahannya yang mengharu biri pada turnamen Indonesia Masters 2019.

TNI AU akhirnya berembuk dan memutuskan untuk turut memberikan apresiasi kepada Butet, sapaan akrab Liliyana, sebagai salah satu pahlawan Indonesia di bidang olahraga.

"Bukan hanya dengan menjadi tentara kita bisa mengharumkan Indonesia. Tetapi, apapun profesi kita, kalau kita berprestasi, itu adalah wujud bela negara yang sesungguhnya," ujar Letkol Yuris.

Mantan pebulu tangkis Liliyana Natsir dan Debby Susanto berkesempatan main bulu tangkis di dalam kabin pesawat Hercules yang terbang di atas ketinggian 17.500 kaki pada Sabtu (9/2/2019).PBSI Mantan pebulu tangkis Liliyana Natsir dan Debby Susanto berkesempatan main bulu tangkis di dalam kabin pesawat Hercules yang terbang di atas ketinggian 17.500 kaki pada Sabtu (9/2/2019).

"Tidak harus angkat senjata, tidak harus bertempur di hutan untuk menjadi pahlawan, seorang yang memiliki jiwa bela negara. Contohnya Butet, ini yang harus dicontoh para generasi muda," tutur dia.

Kegiatan bermain bulu tangkis di dalam pesawat dengan ketinggian 17.500 kaki merupakan yang pertama di dunia.

Dituturkan pihak TNI AU, selama ini belum pernah terjadi di Indonesia maupun di dunia.

Persiapan tim TNI-AU pun tak tanggung-tanggung, para kru penerbang sempat beruji coba dan latihan sebelum joy flight bersama Butet.

Baca juga: Perhentian Akhir Liliyana Natsir, Terima Kasih Butet...

Butet pun mengaku sangat senang bisa mengikuti kegiatan tersebut. Ia berharap, apa yang telah dia lakukan bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda.

"Terima kasih kepada keluarga besar TNI AU, mungkin ini kesempatan yang tak akan datang dua kali. Saya mau memotivasi adik generasi penerus, bahwa kalau berprestasi, apapun bisa terjadi," ucap Butet.

"Seperti saya sekarang ini, tidak menyangka bisa diundang TNI AU untuk naik pesawat Hercules dan main bulu tangkis di pesawat."




Close Ads X