Inggris Diminta Perhatikan Konsistensi Anggaran untuk Bulu Tangkis

Kompas.com - 06/02/2019, 20:00 WIB
Pasangan ganda putra Inggris, Marcus Ellis (kiri) dan Chris Langridge, berdiri di atas podium setelah meraih medali emas Gold Coast Commonwealth Games 2018 di Gold Coast, Australia, 15 April 2018.AFP/SAEED KHAN Pasangan ganda putra Inggris, Marcus Ellis (kiri) dan Chris Langridge, berdiri di atas podium setelah meraih medali emas Gold Coast Commonwealth Games 2018 di Gold Coast, Australia, 15 April 2018.

KOMPAS.com - Peraih medali perunggu Olimpiade 2016 asal Inggris, Marcus Ellis, khawatir dengan ketidakjelasan soal pendanaan untuk bulu tangkis negaranya setelah Olimpiade 2020 Tokyo mendatang.

Ellis yang meraih medali perunggu bersama Chris Langridge menilai masalah pendanaan bisa menghambat minat atlet potensial Inggris untuk serius menekuni olahraga tersebut.

Seiring dengan turnamen All England Open 2019 yang akan bergulir, serta kualifikasi Olimpiade 2020, Ellis meminta asosiasi bulu tangkis Inggris dan kementerian olahraga Inggris bisa satu suara.

Baca juga: Ingin Serius di Maraton, Silakan Ikuti Porsi Latihan Ini!

" Bulu tangkis Inggris melakukan hal yang baik dengan dana terbatas yang dimiliki," kata Ellis.

"Hanya, kami tidak tahu berapa lama lagi dukungan itu bertahan, meski semua pihak sudah berusaha menjaga kelangsungan program pengembangan ini sebaik mungkin," tutur dia.

Ellis meminta dukungan untuk bulu tangkis di Inggris bisa lebih konsisten.

Jika tidak demikian, Ellis menilai para pemain muda akan dilanda kebimbangan untuk menekuni bulu tangkis.

"Bulu tangkis di Inggris tidak perlu jadi olahraga dengan subsidi dana terbanyak di dunia, tetapi menurut saya kami butuh konsistensi," ucap Ellis.

"Pendanaan bulu tangkis Inggris hanya perlu level pendanaan minimal dan tidak akan kurang dari itu. Semua anggota skuad pasti menghargainya," tutur Ellis.

Baca juga: Susy Susanti Minta Atlet Indonesia Contoh Pola Latihan Marcus/Kevin

Dengan pendanaan konsisten, bulu tangkis Inggris diyakini Ellis bisa mempunyai program yang jelas.

"Akan sangat disayangkan jika bulu tangkis Inggris tidak punya program yang jelas, dan orang-orang tidak bisa menonton pemain bulu tangkis Inggris di Olimpiade," kata dia.

"Sedih melihat para pemain muda bingung karena mereka tidak tahu apakah akan didukung atau tidak," kata Ellis melanjutkan.




Close Ads X