10 Klub Top Sepak Bola Dunia dalam Soccerex FF100, Man City Teratas

Kompas.com - 06/02/2019, 16:03 WIB
Para pemain Manchester City merayakan gol yang dicetak Sergio Aguero dalam laga Liga Inggris melawan Burnley di Stadion Etihad, 20 Oktober 2018.AFP/LINDSEY PARNABY Para pemain Manchester City merayakan gol yang dicetak Sergio Aguero dalam laga Liga Inggris melawan Burnley di Stadion Etihad, 20 Oktober 2018.

KOMPAS.com - Perusahaan bisnis sepak bola global, Soccerex, merilis daftar 100 klub sepak bola terbaik dunia sesuai dengan keuangan yang dimiliki atau disebut dengan Soccerex Football Finance 100 (FF100).

Dalam penilaiannya, Soccerex menganalisa lima faktor yang ada dalam suatu klub, yaitu aset pemain, aset yang terlihat (seperti stadion, tempat latihan, dan properti lainnya), uang di bank, potensial investasi pemilik (indeks yang dibuat oleh Soccerex untuk menentukan potensi investasi dalam klub sepak bola oleh pemilik), serta hutang.

Lima faktor tersebut akan dikombinasikan untuk menghasilkan skor yang menjadi acuan untuk daftar 100 klub sepak bola dunia terbaik menurut Soccerex.

Baca juga: Real Madrid Akan Datangkan Hazard dan Tiga Pemain Lain Musim Depan

Dari 100 klub tersebut, ada 10 klub teratas yang mendapatkan skor terbaik menurut Soccerex.

Manchester City menjadi klub pertama yang memiliki skor terbaik, disusul oleh Paris Saint-Germain (PSG), dan Bayern Muenchen.

Sementara itu, pemuncak Liga Inggris musim ini, Liverpool, tidak termasuk dari 10 klub teratas karena menempati peringkat ke-11.

Berikut daftar 10 klub sepak bola dunia teratas versi Soccerex FF100:

1. Manchester City (skor 4.21)

Kevin De Bruyne, Gabriel Jesus, Riyad Mahrez, merayakan gol Oleksandr Zinchenko pada pertandingan Manchester City vs Burton Albion di Stadion Etihad dalam laga semifinal Piala Liga Inggris, 9 Januari 2019. AFP/OLI SCARFF Kevin De Bruyne, Gabriel Jesus, Riyad Mahrez, merayakan gol Oleksandr Zinchenko pada pertandingan Manchester City vs Burton Albion di Stadion Etihad dalam laga semifinal Piala Liga Inggris, 9 Januari 2019.

Manchester City menjadi pemuncak dari daftar ini setelah berhasil menjuarai Liga Inggris sebanyak tiga kali di bawah kepemilikan yang sama hingga saat ini.

Man City sudah melakukan investasi besar-besaran di skuadnya. Selain itu, potensi untuk investasi dari pemiliki, Mansour bin Zayed Al Nahyan tinggi, tertinggi kedua dalam kategori ini di FF100.

2. Paris Saint-Germain (skor 3.84)

PSG memenangi gelar Piala Super Perancis 2016 pada laga yang dilangsungkan di Austria, Sabtu (6/8/2016). BORIS HORVAT/AFP PSG memenangi gelar Piala Super Perancis 2016 pada laga yang dilangsungkan di Austria, Sabtu (6/8/2016).

PSG kembali menjadi klub kedua menurut FF100. Hal itu dikarenakan sumber yang tak terbatas dari pemiliknya, Qatar Sports Investments (QSI). Sementara itu, skuad PSG menempati peringkat kesembilan dalam kategori skuad paling berharga di dunia.

3. Bayern Muenchen (skor 2.67)

Halaman:



Close Ads X