10 Klub Top Sepak Bola Dunia dalam Soccerex FF100, Man City Teratas - Kompas.com

10 Klub Top Sepak Bola Dunia dalam Soccerex FF100, Man City Teratas

Kompas.com - 06/02/2019, 16:03 WIB
Para pemain Manchester City merayakan gol yang dicetak Sergio Aguero dalam laga Liga Inggris melawan Burnley di Stadion Etihad, 20 Oktober 2018.AFP/LINDSEY PARNABY Para pemain Manchester City merayakan gol yang dicetak Sergio Aguero dalam laga Liga Inggris melawan Burnley di Stadion Etihad, 20 Oktober 2018.

KOMPAS.com - Perusahaan bisnis sepak bola global, Soccerex, merilis daftar 100 klub sepak bola terbaik dunia sesuai dengan keuangan yang dimiliki atau disebut dengan Soccerex Football Finance 100 (FF100).

Dalam penilaiannya, Soccerex menganalisa lima faktor yang ada dalam suatu klub, yaitu aset pemain, aset yang terlihat (seperti stadion, tempat latihan, dan properti lainnya), uang di bank, potensial investasi pemilik (indeks yang dibuat oleh Soccerex untuk menentukan potensi investasi dalam klub sepak bola oleh pemilik), serta hutang.

Lima faktor tersebut akan dikombinasikan untuk menghasilkan skor yang menjadi acuan untuk daftar 100 klub sepak bola dunia terbaik menurut Soccerex.

Baca juga: Real Madrid Akan Datangkan Hazard dan Tiga Pemain Lain Musim Depan

Dari 100 klub tersebut, ada 10 klub teratas yang mendapatkan skor terbaik menurut Soccerex.

Manchester City menjadi klub pertama yang memiliki skor terbaik, disusul oleh Paris Saint-Germain (PSG), dan Bayern Muenchen.

Sementara itu, pemuncak Liga Inggris musim ini, Liverpool, tidak termasuk dari 10 klub teratas karena menempati peringkat ke-11.

Berikut daftar 10 klub sepak bola dunia teratas versi Soccerex FF100:

1. Manchester City (skor 4.21)

Kevin De Bruyne, Gabriel Jesus, Riyad Mahrez, merayakan gol Oleksandr Zinchenko pada pertandingan Manchester City vs Burton Albion di Stadion Etihad dalam laga semifinal Piala Liga Inggris, 9 Januari 2019. AFP/OLI SCARFF Kevin De Bruyne, Gabriel Jesus, Riyad Mahrez, merayakan gol Oleksandr Zinchenko pada pertandingan Manchester City vs Burton Albion di Stadion Etihad dalam laga semifinal Piala Liga Inggris, 9 Januari 2019.

Manchester City menjadi pemuncak dari daftar ini setelah berhasil menjuarai Liga Inggris sebanyak tiga kali di bawah kepemilikan yang sama hingga saat ini.

Man City sudah melakukan investasi besar-besaran di skuadnya. Selain itu, potensi untuk investasi dari pemiliki, Mansour bin Zayed Al Nahyan tinggi, tertinggi kedua dalam kategori ini di FF100.

2. Paris Saint-Germain (skor 3.84)

PSG memenangi gelar Piala Super Perancis 2016 pada laga yang dilangsungkan di Austria, Sabtu (6/8/2016). BORIS HORVAT/AFP PSG memenangi gelar Piala Super Perancis 2016 pada laga yang dilangsungkan di Austria, Sabtu (6/8/2016).

PSG kembali menjadi klub kedua menurut FF100. Hal itu dikarenakan sumber yang tak terbatas dari pemiliknya, Qatar Sports Investments (QSI). Sementara itu, skuad PSG menempati peringkat kesembilan dalam kategori skuad paling berharga di dunia.

3. Bayern Muenchen (skor 2.67)

Leon Goretzka dan Arjen Robben merayakan gol pada pertandingan Bayern Muenchen vs Benfica di Allianz Arena dalam lanjutan Liga Champions, 27 November 2018. AFP/CHRISTOF STACHE Leon Goretzka dan Arjen Robben merayakan gol pada pertandingan Bayern Muenchen vs Benfica di Allianz Arena dalam lanjutan Liga Champions, 27 November 2018.

Bayern Muenchen menempati peringkat ketiga setelah berhasil mendominasi Liga jerman. Musim 2017-2018 menjadi musim keenam mereka mendominasi Bundesliga. Kekuatan finansial yang dimiliki Bayern senilai lebih dari 800 juta euro, dan memiliki cadangan serta aset berwujud yang sehat.

4. Tottenham Hotspur (skor 2.66)

Eric Dier menyelamati Son Heung-min pada pertandingan Tottenham Hotspur vs Newcastle United di Stadion Wembley dalam lanjutan Liga Inggris, 2 Februari 2019. AFP/GLYN KIRK Eric Dier menyelamati Son Heung-min pada pertandingan Tottenham Hotspur vs Newcastle United di Stadion Wembley dalam lanjutan Liga Inggris, 2 Februari 2019.

Walaupun kurang bersinar di Liga Inggris, Tottenham Hotspur menjadi tim keempat dalam daftar FF100. Hal tersebut dikarenakan manajemen finansial yang bijak. Selain itu, Spurs akan pindah ke stadion baru yang memiliki kapasitas 6.000 penonton pada 2019.

5. Arsenal (skor 2.43)

Pierre-Emerick Aubameyang rayakan gol Alexandre Lacazette pada pertandingan Arsenal vs Cardiff City di Stadion Emirates dalam lanjutan Liga Inggris, 29 Januari 2019. AFP/IAN KINGTON Pierre-Emerick Aubameyang rayakan gol Alexandre Lacazette pada pertandingan Arsenal vs Cardiff City di Stadion Emirates dalam lanjutan Liga Inggris, 29 Januari 2019.

Di bawah manajemen baru pada 2018-2019, Arsenal menempati peringkat kelima. Seperti Tottenham, Arsenal masih menjadi klub yang memiliki manajemen finansial yang baik dengan cadangan tinggi dan aset nyata kedua tertinggi.

6. Real Madrid (skor 2.38)

Gelandang Real Madrid Brasil Casemiro (kanan) merayakan golnya dengan bek Dani Carvajal setelah mencetak gol pada pertandingan Liga Spanyol antara Real Madrid vs Sevilla di Stadion Santiago Bernabeu pada 19 Januari 2019.PIERRE-PHILIPPE MARCOU Gelandang Real Madrid Brasil Casemiro (kanan) merayakan golnya dengan bek Dani Carvajal setelah mencetak gol pada pertandingan Liga Spanyol antara Real Madrid vs Sevilla di Stadion Santiago Bernabeu pada 19 Januari 2019.

Empat kali juara bertahan Liga Champions dalam lima tahun terakhir, Real Madrid kini menikmati era kejayaannya saat ini. Walau menjual Cristiano Ronaldo, nilai skuad yang dimiliki Real Madrid hampir mencapai 1 miliar euro. Selain itu, untuk uang cadangan, aset nyata dan hutang mereka masih dalam keadaan sehat.

7. Barcelona (skor 2.05)

Philippe Coutinho menyelamati Lionel Messi yang mencetak gol pada laga Barcelona vs Valencia di Stadion Camp Nou, 2 Februari 2019. AFP/LLUIS GENE Philippe Coutinho menyelamati Lionel Messi yang mencetak gol pada laga Barcelona vs Valencia di Stadion Camp Nou, 2 Februari 2019.

Dengan memiliki Lionel Messi sebagai pemainnya, Barcelona menjadi klub yang memiliki nilai skuad tertinggi di dunia. Pada 2017-2018, Barcelona menjadi juara La Liga dengan jarak dari runner up saat itu, Atletico Madrid, dengan 14 poin.

Baca juga: Kriptonit Barcelona Binaan Real Madrid Jadi Incaran Utama Chelsea

8. Manchester United (skor 1.99)

Marcus Rashford disambut Diogo Dalot seusai mencetak gol pada pertandingan Manchester United vs Brighton & Hove Albion dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Old Trafford, 19 Januari 2019. AFP/OLI SCARFF Marcus Rashford disambut Diogo Dalot seusai mencetak gol pada pertandingan Manchester United vs Brighton & Hove Albion dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Old Trafford, 19 Januari 2019.

Manchester United memiliki penonton terbanyak dengan 74.000 dalam setiap laga di Stadion Old Trafford. Selain itu, mereka juga memiliki cadangan tertinggi dengan total 331 juta euro tapi juga memiliki hutang tertinggi menurut laporan Soccerex, yaitu 751 juta euro.

9. Juventus (skor 1.96)

Giorigio Chiellini merayakan gol Daniele Rugani pada pertandingan Juventus vs Parma dalam lanjutan Serie A Liga Italia di Stadion Allianz, 2 Februari 2019. AFP/MARCO BERTORELLO Giorigio Chiellini merayakan gol Daniele Rugani pada pertandingan Juventus vs Parma dalam lanjutan Serie A Liga Italia di Stadion Allianz, 2 Februari 2019.

Juventus masih menjadi klub yang terkuat di Italia dengan mendapatkan keuntungan dari rebranding yang dilakukan, inovasi, dan kepemilikan stadion sendiri yang terletak di Turin.

Walaupun hal tersebut memiliki dampak dalam aktivitas komersial Juve, mereka hanya memiliki aset terlihat senilai 164 juta euro, termasuk yang terendah dalam Eropa. Juve juga memiliki hutang yang tinggi yaitu sekitar 437 juta euro, terbesar keempat dalam daftar FF100.

10. Chelsea (skor 1.89)

Gonzalo Higuain dan David Luiz merayakan gol pada laga Chelsea vs Huddersfield Town dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, 2 Februari 2019. AFP/IAN KINGTON Gonzalo Higuain dan David Luiz merayakan gol pada laga Chelsea vs Huddersfield Town dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, 2 Februari 2019.

Sejak era Roman Abramovich, Chelsea menjadi salah satu klub yang sukses di Inggris dan Eropa. Saat ini, skuad yang dimiliki Chelsea bernilai sebesar 852 juta euro, terbesar keenam menurut laporan Soccerex.



Close Ads X