Timnas Jepang Kembali Dipuji Dunia Soal Budaya Jaga Kebersihan

Kompas.com - 04/02/2019, 19:21 WIB
Para pemain timnas Jepang merayakan kemenagan 3-0 atas Iran dalam laga semifinal Piala Asia 2019 di Stadion Hazza Bin Zayed, Senin (28/1/2019).www.the-afc.com Para pemain timnas Jepang merayakan kemenagan 3-0 atas Iran dalam laga semifinal Piala Asia 2019 di Stadion Hazza Bin Zayed, Senin (28/1/2019).

KOMPAS.com - Timnas Jepang kembali dipuji dunia perihal budaya menjaga kebersihan yang konsisten ditunjukkan meski meraih hasil buruk di lapangan.

Terbaru, timnas Jepang menunjukkan hal tersebut setelah laga final Piala Asia 2019 melawan timnas Qatar, Jumat (1/2/2019).

Timnas Jepang yang sangat difavoritkan menjadi juara diluar dugaan takluk dengan skor 1-3 di Stadin Zayed Sport City, Uni Emirat Arab.

Meski hanya bisa menjadi runner-up, timnas Jepang memberi kesan positif dengan membersihkan ruang ganti pemain.

Baca juga: VIDEO - Tembakan Salto Almoez Ali, Sang Raja Gol Piala Asia 2019

Tidak hanya membersihkan ruang ganti, timnas Jepang juga menuliskan ucapan 'Terima Kasih' dalam bahasa Inggris, Arab, dan Jepang.

Ucapan terima kasih itu ditujukan kepada Uni Emirat Arab selaku tuan rumah atas perlakuan baik yang diterima timnas Jepang selama turnamen.

Foto ruang ganti itu kemudian diunggah oleh akun twitter resmi Piala Asia selepas laga final. Alhasil ribuan komentar positif dari warganet dunia membanjiri unggahan foto tersebut.

Baca juga: Tak Dipakai Dortmund Shinji Kagawa Menuju Liga Spanyol, ke Klub Mana?

Hal serupa juga pernah dilakukan timnas Jepang pada ajang Piala Dunia 2018 di Rusia. Setelah kalah 2-3 dari timnas Belgia di babak 16 besar, timnas Jepang juga membersihkan ruang ganti Stadion Rostov Arena.

Kondisi ruang ganti yang ditinggalkan skuad Jepang usai kalah dari Belgia pada babak 16 besar Piala Dunia 2018.TWITTER Kondisi ruang ganti yang ditinggalkan skuad Jepang usai kalah dari Belgia pada babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Timnas Jepang juga tidak lupa menaruh ucapan terima kasih dalam bahas Rusia di atas meja ruang ganti.

Budaya menjaga kebersihan nampaknya sudah melekat kepada setiap penduduk Jepang. Hal ini tercermin dalam setiap laga timnas Jepang di mana para pendukung selalu meninggalkan stadion paling terakhir untuk membersihkan sampah di tribune.




Close Ads X