Trial ke Spanyol, Osvaldo Haay Didukung Wamenlu RI

Kompas.com - 02/02/2019, 18:43 WIB
Osvaldo Haay (kanan) bersama Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Abdurrahman Mohammad Fachir (kiri).DOK. KEMENTRIAN LUAR NEGERI REPUBLIK INDONESIA Osvaldo Haay (kanan) bersama Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Abdurrahman Mohammad Fachir (kiri).

KOMPAS.com - Wakil Menteri Luar Negeri RI, Abdurrahman Mohammad Fachir, memberi dukungan kepada bintang muda Persebaya Surabaya, Osvaldo Haay, yang dalam waktu dekat akan terbang ke Spanyol.

Osvaldo Haay ke Spanyol setelah mendapat undangan dari CD Numancia, klub kasta kedua Liga Spanyol. Dia akan ikut berlatih selama dua pekan.

Melihat hal ini, AM Fachir berharap Osvaldo bisa memanfaatkan kesempatan yang sangat langka ini.

"Harus punya tekad untuk memberi yang terbaik. Kadang-kadang itu butuh pengorbanan, seperti harus pisah dari keluarga. Tapi itu justru bisa menjadi semangat," kata AM Fachir dikutip dari akun resmi Twitter Kemenlu RI, Sabtu (02/02/2019).

"Jangan pernah berhenti untuk memberikan kemampuan yang terbaik. Osvaldo harus sabar, terus semangat. Semoga ini bermanfaat tidak hanya untuk pencapaian pribadi namun juga prestasi Bangsa Indonesia," ujar AM Fachir menambahkan.

Baca juga: Tak Terkendala Apa-apa, Jalan Osvaldo Haay ke Spanyol Begitu Mulus

Trial Osvaldo ke Spanyol ini terbilang cukup unik. Pasalnya, Osvaldo mendapat undangan langsung dari presiden klub Numancia, Moisés Israel Garzón.

Selain ikut berlatih, Osvaldo nantinya juga ikut melihat Numancia bertanding dalam beberapa pertandingan.

Meskipun begitu, keputusan Osvaldo terbang ke Spanyol juga menimbulkan kontroversi. Osvaldo terpaksa meninggalkan pemusatan latihan timnas U-22 Indonesia sebagai persiapan mengikuti Piala AFF U-22 2019.

Baca juga: Latihan Bareng Persebaya, Osvaldo Haay Komentari Pemain Baru Bajul Ijo

Pelatih timnas U-22 Indonesia, Indra Sjafri, menyayangkan kepututsan Osvaldo ini karena pergi menjelang turnamen. Menurut Indra Sjafri, seharusnya tim pencari bakat Spanyol yang ke Indonesia memantau Osvaldo Haay dan bukan sebaliknya.

Untuk diketahui, Piala AFF U-22 2019 akan berlangsung mulai 17 Februari 2019 di Kamboja. Indonesia tergabung di Grup B bersama tuan rumah Kamboja, Malaysia dan Myanmar.




Close Ads X