Kompas.com - 29/01/2019, 21:12 WIB
Track offroad di Desa Wisata Nglinggo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, Sabtu (4/11/2017). Doc. forwarparTrack offroad di Desa Wisata Nglinggo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, Sabtu (4/11/2017).
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Klub Offroad Indonesia Offroad Expedition akan kembali menggelar petualangan bergengsi dengan nama IOX 2019 Andalas di Sumatera.

Sebanyak 81 kendaraan offroad super ekstrim dan 74 motor (dirt-bike)  dengan total  lebih dari 400 personel dari berbagai Chapter IOX di seluruh Indonesia siap beraksi menjelajahi Sumatera Utara dan Sumatera Barat pada 9 – 24 Februari 2019.

IOX 2019 Andalas direncanakan start dari Medan pada 9 Februari 2019 dan finish di kota Bukit Tinggi tanggal 24 Februari 2019.

Hal tersebut disampaikan Ketua Klub Offroad IOX, Sri Hascaryo atau Yoyok, pada jumpa pers IOX 2019 Andalas di Epicentrum Kuningan, Jakarta, Sabtu ini (26/1/2019). Dalam acara tersebut hadir pula Ketua Indonesia Offroad Federation (IOF) Irjen Pol Drs H Sam Budigusdian, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Heru Winarko, dan Ketua Dewan Pembina IOX Jenderal (Pur) Rusmanhadi.   
 
IOX 2019 Andalas merupakan even tahunan. Sebelumnya mereka pernah menggelar IOX 2012 Bukit Tinggi – Palembang,  IOX 2013 Sabang – Medan, IOX 2014 Lahat – Monas, IOX 2015 Jakarta – Surabaya, IOX 2016 Yogyakarta – Bali, dan IOX 2017 Kendari - Makasar.

Baca juga: Perhentian Akhir Liliyana Natsir, Terima Kasih Butet...
 
Pada IOX 2019 Andalas, peserta akan diuji kemampuan fisik, mental, dan kendaraannya untuk menembus rute-rute super ekstrim di Sumatera Utara dan Sumatera Barat sekaligus menikmati wisata alam dan budayanya yang indah.
 
Zulkarnain Danie (Joel) sebagai Ketua Panitia IOX Andalas 2019 yang juga peserta dari Tim Badak Mophar, menjelaskan tujuan dari ekspedisi off-road IOX-2019 Andalas ini, selain untuk menikmati alam dan budaya, even ini juga untuk menggugah perhatian publik terhadap kondisi Harimau Sumatera yang terus semakin berkurang populasinya karena ulah manusia.

Untuk itu, IOX juga bekerjasama dengan World Wild Fund (WWF) untuk membantu upaya penyelamatan Harimau Sumatera dalam bentuk sumbangan dana dan sosialisasi kondisi Harimau Sumatera saat ini.  

Perjalanan Offroad super ekstrim sepanjang sekitar 1400 kilometer dalam 16 hari perjalanan ini kembali akan dipimpin oleh Syamsir Alam, tokoh offroader senior legendaris sekaligus salah satu pendiri Indonesia Off-road Federation (IOF).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan prestasinya sebagai juara diberbagai even Offroad Nasional dan keahliannya yang langka sebagai pembuat track off-road super ekstrim yang sangat menantang menjadi daya tarik utama peserta mengikuti event IOX 2019 Andalas ini.

Yoyok dan Joel sangat bahagia mengetahui Syamsir Alam bersedia menjadi Tim Leader di event IOX 2019 Andalas ini. “Seluruh peserta sangat antusias ketika mengetahui bahwa Pak Syamsir bersedia menjadi Tim Leader event ini” kata Yoyok.

“Kami sudah bisa membayangkan akan seperti apa beratnya track yang akan kami jalani kalau Pak Syamsir yang membuat tracknya. Dijamin kami akan mati-matian untuk bisa lolos dari track,” tambah Joel.
 
Sosok sebagai team leader dalam even Offroad sangat penting karena menjadi salah satu pertimbangan peserta untuk mau ikut serta. Peserta menginginkan track leader memberikan sensasi Offroad yang berkesan baik karena ekstrimnya, ganasnya, sulitnya namun aman tidak asal-asalan dan terorganisir dengan baik. Ini wajar mengingat sangat besarnya usaha, waktu dan biaya yang harus dikeluarkan setiap peserta untuk bisa mengikuti event ini.

Soal kondisi track, Syamsir berjanji bahwa peserta akan puas mengikuti even ini. “Track akan sangat menarik dan menyenangkan karena akan melihat Gunung Sinabung, tamasya ke Danau Toba, menyusuri Bukit Barisan dengan hutan rimba yang belum tersentuh, pergi ke Teluk Sibolga dan Danau Siais (Tapanuli Selatan),” kata Syamsir.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.