Kilas Daerah Semarang
KILAS

Brisbane Roar FC Jajaki Kerja Sama dengan PSIS Semarang

Kompas.com - 29/01/2019, 18:41 WIB
Pejabat Sekretaris Daerah Kota Semarang Agus Riyanto berfoto bersama Benjamin Giles, perwakilan Pemerintah Kota Queensland, Australia, di Semarang, Selasa (29/1/2019). Dok. Humas Pemerintah Kota SemarangPejabat Sekretaris Daerah Kota Semarang Agus Riyanto berfoto bersama Benjamin Giles, perwakilan Pemerintah Kota Queensland, Australia, di Semarang, Selasa (29/1/2019).


KOMPAS.com
- Brisbane Roar Football Club asal Kota Queensland, Australia tengah menjajaki kerja sama dengan PSIS Semarang. Penjajakan ini merupakan tindak lanjut dari pembaruan kerja sama "kota kembar" antara Kota Semarang dengan Queensland.

Kerja sama yang diinisiasi oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi pada Agustus 2018 lalu itu merupakan perwujudan kerja sama strategis lintas negara.

Untuk itu, Komisioner Perdagangan dan Investasi Queensland, Benjamin Giles secara khusus datang ke Kota Semarang untuk berdiskusi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dan manajemen PSIS Semarang, Selasa (29/1/2019).

Benjamin sebagai perwakilan pemerintah Queensland, Australia menegaskan bahwa dirinya akan menjembatani komunikasi dengan Brisbane Roar agar dapat mendukung pengembangan PSIS Semarang.

Baca juga: Lapangan Terendam Banjir, Laga Persibat Vs PSIP Digelar Februari

"Banyak hal yang dapat kita kerjakan bersama, salah satunya terkait pengembangan olahraga. Untuk itu, saya akan berdiskusi dengan Brisbane (Brisbane Roar) agar bisa menemukan jalan untuk bekerja bersama," jelas Ben, sapaan akrabnya seperti keterangan tertulis yang Kompas.com terima.

Perlu diketahui, Brisbane Roar Football Club merupakan klub sepak bola profesional Australia yang berbasis di Brisbane, Queensland. Di liga A, klub ini termasuk tim kuat yang telah tiga kali memenangi kompetisi kasta teratas di Australia tersebut.

Klub kebanggaan masyarakat Brisbane, Queensland tersebut juga pemegang rekor tak terkalahkan terpanjang, yakni sebanyak 36 pertandingan tanpa kekalahan di liga A Australia.

Menariknya, tak banyak yang tahu bila Brisbane Roar dimiliki oleh pengusaha Indonesia, Nirwan Bakrie, yang juga bekas pemilik klub besar di Indonesia, Pelita Jaya.

Baca juga: IBL Pertamax 2018-2019 Seri Bandung, Pelita Jaya Bangkit

Manajer PSIS Semarang, Wahyu Winarto menegaskan bahwa Brisbane Roar adalah klub Australia yang bagus, sehingga sangat diharapkan dapat bekerja sama dengan PSIS Semarang.

"Kami mohon dukungan dari pak Wali Kota. Kami jadi klub profesional ini  baru seumur jagung, sedangkan Brisbane Roar sudah lama. Jadi kami sambut bagus penjajakan ini," pungkas pria yang akrab disapa Liluk itu.

Di sisi lain, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menegaskan, jika kerja sama dengan Brisbane Roar terjadi diyakininya dapat membawa dampak positif bagi PSIS Semarang.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Benjamin Giles yang telah memberi perhatian kepada PSIS Semarang. Saya yakin akan ada kerja sama strategis yang dapat kita fokuskan dari kunjungan beliau hari ini," tutur Hendi, biasa dirinya disapa.

Lebih lanjut, Hendi menyatakan bahwa tidak menutup kemungkinan juga suatu saat PSIS akan ke Australia untuk berlatih bersama Brisbane Roar.

Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya