Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Asia 2019, Jepang ke Final Setelah Rusak Rekor Iran

Kompas.com - 28/01/2019, 23:07 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

Sumber BolaSport

KOMPAS.comTimnas Jepang lolos ke final Piala Asia 2019. Samurai Biru, julukan timnas Jepang, meraih tiket itu setelah mengalahkan timnas Iran 3-0 dalam laga semifinal di Stadion Hazza Bin Zayed, Senin (28/1/2019).

Dikutip BolaSport.com dari akun Twitter FOX Sports LIVE, timnas Jepang memang tampil lebih mendominasi sejak babak pertama. Jepang memimpin penguasaan bola dengan 58,2 persen pada 45 menit pertama.

Dari segi peluang, Jepang memiliki tiga, tetapi tak ada yang mengarah tepat sasaran. Adapun timnas Iran mempunyai tiga kesempatan dengan dua kesempatan menuju ke gawang.

Jepang menghadirkan ancaman lebih dulu melalui sundulan bek yang memperkuat klub Southampton, Maya Yoshida, pada menit ke-17. Namun, tandukan Yoshida masih melenceng di sisi kiri gawang Iran.

Berselang 5 menit kemudian, Iran balas menyerang melalui striker Sardar Azmoun. Akan tetapi, kiper Jepang, Shuichi Gonda, melalukan penyelamatan gemilang dengan kaki kirinya. Skor 0-0 bertahan sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, timnas Jepang tampil semakin solid. Jepang mampu membuka keran gol pada menit ke-56.

Bermula dari umpang silang Takumi Minamino, Yuya Osako kemudian menyambutnya dengan sundulan. Jepang unggul 1-0.

Iran nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-61 andai Shuichi Gonda tak cekatan menepis eksekusi tendangan bebas Alireza Jahanbaksh.

Pada menit ke-65, Jepang mendapat penalti setelah Morteza Pouraliganji menghalangi operan Takumi Minamino menggunakan tangan. Wasit asal Australia, Chris Beath, sempat melihat tayangan ulang melalui video assistant referee (VAR) sebelum memastikan memberi penalti untuk Jepang.

Yuya Osako, yang maju sebagai eksekutor, dengan tenang menghunjamkan sepakan penalti ke arah kiri gawang Iran yang sukses mengecoh Alireza Beiranvand. Jepang memimpin 2-0.

Jepang menyempurnakan kemenangan menjadi 3-0 melalui gol Genki Haraguchi pada menit ke-90+2. Melakukan aksi solo run, Haraguchi lalu melepaskan sepakan keras dari dalam kotak penalti menggunakan kaki kirinya.

Skor 3-0 untuk Jepang tetap tidak berubah hingga wasit Chris Beath meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan. Timnas Jepang lolos ke final sekaligus merusak rekor Iran yang tak kebobolan sepanjang Piala Asia 2019.

Pada laga final, Jepang akan bertemu Qatar atau Uni Emirat Arab (UEA). Duel sesama tim Timur Tengah itu akan berlangsung Selasa (29/1). (Septian Tambunan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com