Kompas.com - 28/01/2019, 23:07 WIB

KOMPAS.comTimnas Jepang lolos ke final Piala Asia 2019. Samurai Biru, julukan timnas Jepang, meraih tiket itu setelah mengalahkan timnas Iran 3-0 dalam laga semifinal di Stadion Hazza Bin Zayed, Senin (28/1/2019).

Dikutip BolaSport.com dari akun Twitter FOX Sports LIVE, timnas Jepang memang tampil lebih mendominasi sejak babak pertama. Jepang memimpin penguasaan bola dengan 58,2 persen pada 45 menit pertama.

Dari segi peluang, Jepang memiliki tiga, tetapi tak ada yang mengarah tepat sasaran. Adapun timnas Iran mempunyai tiga kesempatan dengan dua kesempatan menuju ke gawang.

Jepang menghadirkan ancaman lebih dulu melalui sundulan bek yang memperkuat klub Southampton, Maya Yoshida, pada menit ke-17. Namun, tandukan Yoshida masih melenceng di sisi kiri gawang Iran.

Berselang 5 menit kemudian, Iran balas menyerang melalui striker Sardar Azmoun. Akan tetapi, kiper Jepang, Shuichi Gonda, melalukan penyelamatan gemilang dengan kaki kirinya. Skor 0-0 bertahan sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, timnas Jepang tampil semakin solid. Jepang mampu membuka keran gol pada menit ke-56.

Bermula dari umpang silang Takumi Minamino, Yuya Osako kemudian menyambutnya dengan sundulan. Jepang unggul 1-0.

Iran nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-61 andai Shuichi Gonda tak cekatan menepis eksekusi tendangan bebas Alireza Jahanbaksh.

Pada menit ke-65, Jepang mendapat penalti setelah Morteza Pouraliganji menghalangi operan Takumi Minamino menggunakan tangan. Wasit asal Australia, Chris Beath, sempat melihat tayangan ulang melalui video assistant referee (VAR) sebelum memastikan memberi penalti untuk Jepang.

Yuya Osako, yang maju sebagai eksekutor, dengan tenang menghunjamkan sepakan penalti ke arah kiri gawang Iran yang sukses mengecoh Alireza Beiranvand. Jepang memimpin 2-0.

Jepang menyempurnakan kemenangan menjadi 3-0 melalui gol Genki Haraguchi pada menit ke-90+2. Melakukan aksi solo run, Haraguchi lalu melepaskan sepakan keras dari dalam kotak penalti menggunakan kaki kirinya.

Skor 3-0 untuk Jepang tetap tidak berubah hingga wasit Chris Beath meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan. Timnas Jepang lolos ke final sekaligus merusak rekor Iran yang tak kebobolan sepanjang Piala Asia 2019.

Pada laga final, Jepang akan bertemu Qatar atau Uni Emirat Arab (UEA). Duel sesama tim Timur Tengah itu akan berlangsung Selasa (29/1). (Septian Tambunan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.