Kompas.com - 25/01/2019, 06:26 WIB
Pelatih tim nasional Indonesia Simon McMenemy saat konferensi pers pertama di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (24/1/2019). Doc.PSSIPelatih tim nasional Indonesia Simon McMenemy saat konferensi pers pertama di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (24/1/2019).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pada Kamis (24/1/2019) resmi mengontrak Simon McMenemy sebagai pelatih tim nasional Indonesia hingga Desember 2020.

Peresmian kontrak tersebut dilakukan di sebuah hotel di kawasan Jakarta Pusat. Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria menjadi perwakilan PSSI dalam kegiatan tersebut.

"Terima kasih untuk PSSI yang telah memberikan kepercayaan kepada saya. Walau saya bukanlah pelatih favorit dari seluruh penggemar timnas Indonesia, tetapi saya dapat memastikan bahwa saya akan bekerja keras dan berupaya mewujudkan prestasi," ujar Simon dalam acara itu.

Pelatih asal Skotlandia itu menyadari tugasnya tidak mudah. Namun, dengan semua dukungan yang didapatkannya, dirinya yakin tak ada tantangan yang tak bisa ditaklukkan.

Simon ingin membawa Indonesia bersaing di level Asia.

"Saya percaya itu dapat dilakukan walau memang tidak akan pernah menjadi soal gampang. Pekerjaan ini seperti melengkapi puzzle, saya harus mencari kepingan-kepingan terpisah agar semuanya menjadi utuh," kata pelatih yang membawa Bhayangkara FC juara Liga 1 Indonesia tahun 2017 tersebut.

Baca juga: 5 Fakta Unik soal Pelatih di Liga 1 2019

Begitu resmi memegang timnas Indonesia. Simon langsung dihadapkan pada sejumlah target yang sudah ditetapkan PSSI.

Sekjen PSSI menyebut, pada 2019, diharapkan timnas Indonesia dapat lolos ke putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2020 yang juga menjadi kualifikasi Piala Asia 2023.

Putaran kedua ini dijadwalkan berlangsung mulai September 2019, sementara putaran pertama pada Juni 2019.

Selanjutnya, Simon McMenemy diminta untuk meningkatkan peringkat timnas Indonesia di FIFA ke posisi 120 besar pada akhir tahun 2020. Sampai 24 Januari 2019, Indonesia masih berada di peringkat 159 dunia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.