Kompas.com - 24/01/2019, 18:53 WIB
Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destri saat mendampingi konferensi pers perdana pelatih tim nasional Indonesia Simon McMenemy di Jakarta, Kamis (24/1/2019). Doc.PSSISekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destri saat mendampingi konferensi pers perdana pelatih tim nasional Indonesia Simon McMenemy di Jakarta, Kamis (24/1/2019).
Penulis Alsadad Rudi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria menjelaskan alasan pemilihan jendela transfer Liga 1 2019 baru dimulai 15 Februari hingga 9 Mei.

Menurut Tisha, aturan FIFA menyatakan durasi jendela transfer hanya boleh berlangsung 84 hari. Biasanya, jendela transfer berakhir setelah kick off kompetisi dimulai.

"Durasi untuk TMS (transfer matching system) hanya bisa 84 hari. Tidak boleh lebih. Untuk bisa menentukan durasi TMS adalah kita melewati tanggal kick off. Apabila sebelum kick off, nanti bagaimana bila ada pemain yang cedera dan lain sebagainya tentu klub tidak akan senang," kata Tisha di Jakarta, Kamis (24/1/2019).

Tisha mengatakan selain harus mengikuti peraturan FIFA, durasi jendela transfer juga sudah mempertimbangkan perhelatan Pemilu 2019. Sebab Liga 1 memang dijadwalkan dihelat setelah pesta demokrasi lima tahunan itu.

Baca juga: Kenapa Persija Bisa Turunkan 3 Pemain Asing Baru di Piala Indonesia?

Menurut Tisha, PSSI sudah mengkomunikasikan jadwal tersebut sejak 18 Juli 2018, baik ke FIFA, AFC, dan PT LIB.

"Kick off kita prediksi dua pekan setelah Pilpres. Jadi antara 1-8 Mei. Makanya itu TMS harus ditutup 9 Mei melewati range kick off" ucap Tisha.

Durasi jendela transfer Liga 1 antara 15 Februari-9 Mei menyebabkan Persija Jakarta tak bisa menurunkan empat pemain barunya di kualifikasi Liga Champions Asia.

Persija dijadwalkan akan menghadapi wakil Singapura, Home United pada 5 Februari.

Tak bisanya empat pemain tersebut diturunkan karena keempatnya didatangkan dari klub luar negeri (asosiasi negara lain).

Di sisi lain, transfer antar asosiasi mengharuskan adanya Internasional Transfer Cerfificate (ITC). Sedangkan ITC baru bisa diserahkan saat jendela transfer dibuka.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: 9 langkah Transfer Pemain Sepak Bola

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.