Menpora Ingin Butet Tak Sepenuhnya Pensiun dari Bulu Tangkis

Kompas.com - 23/01/2019, 18:42 WIB
Liliyana Natsir berpose usai jumpa pers Indonesia Masters 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (21/1/2019). Turnamen bulu tangkis Indonesia Masters 2019 akan bergulir 22-27 Januari di Istora Senayan, Jakarta.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Liliyana Natsir berpose usai jumpa pers Indonesia Masters 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (21/1/2019). Turnamen bulu tangkis Indonesia Masters 2019 akan bergulir 22-27 Januari di Istora Senayan, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi berharap Liliyana Natsir tak sepenuhnya pensiun dari dunia bulu tangkis.

Butet, sapaan Liliyana, merupakan pebulu tangkis putri nasional yang akan segera mengakhiri kariernya sebagai pebulu tangkis.

Imam mengatakan, pihaknya ingin setelah pensiun sebagai atlet, Butet bisa melanjutkan kariernya sebagai pelatih atau pencari bakat, apalagi Butet kini berstatus aparatur sipil negara (ASN) di Kemenpora.

"Tentu tantangannya lebih besar lagi adalah bagaimana Butet menjadi motivator, pelatih sekaligus mencari bibit-bibit baru penggantinya, apalagi Butet sudah menjadi bagian keluarga besar Kemenpora, pasti kami akan memberikan tugas spesial," kata Imam kepada Kompas.com di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (23/1/2019).

Baca juga: Butet Gugup Jelang Pensiun

Selain Butet, pebulu tangkis lainnya yang juga pensiun adalah Debby Susanto. Selama ini, baik Butet maupun Debby sama-sama sering turun di nomor ganda campuran.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi bersama dengan para staf Kemenpora di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (23/1/2019).Kompas.com/Alsadad Rudi Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi bersama dengan para staf Kemenpora di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (23/1/2019).

Atas dasar itulah, Imam berharap baik Butet maupun Debby masih bisa berkonstribusi membantu menemukan talenta baru pengganti mereka berdua.

"Butet harus menjadi pendorong supaya muncul Butet baru, Debby baru, lewat posisi yang nanti akan diberikan negara sebagai ASN," ucap Imam.

"Datang ke daerah-daerah, melatih atau menyemangati sehingga bakat-bakat muda bisa mengikuti semangat dan jejak mereka," katanya.

Baca juga: Raih Emas Olimpiade, Liliyana Natsir Akui Motivasinya Berkurang

Butet akan mengakhiri kariernya sebagai pebulu tangkis di turnamen Indonesia Masters di Jakarta, 22-27 Januari. Imam berharap Butet bisa mengakhiri kariernya dengan torehan prestasi gemilang.

"Ketika Butet pamitan ingin pensiun gantung raket, saya bilang masih ada Asian Games. Kemarin, Asian Games juga telah ikut. Setelah itu, tentu harus memberi yang terbaik di Indonesia Masters ini," ujar Imam.

"Saya berharap apa pun yang terjadi di Indonesia Masters, semoga dia menjadi juara dan lengkaplah, paripurna-lah semua tugas Butet sebagai atlet," kata Imam.

Baca juga: Tembus Babak Kedua, Tontowi/Liliyana Siap Ladeni Sang Junior




Close Ads X