Persija Dipastikan Tanpa 3 Pemain Asing dan Ryuji di Kualifikasi LCA

Kompas.com - 23/01/2019, 15:18 WIB
Persija Jakarta memperkenalkan gelandang bertahan kuota Asia pengganti Rohit Chand yakni Jahongir Abdumuminov. Media Persija JakartaPersija Jakarta memperkenalkan gelandang bertahan kuota Asia pengganti Rohit Chand yakni Jahongir Abdumuminov.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - AFC sebagai Konfederasi Sepak Bola Asia menolak permohonan dispensasi International Transfer Cerificate (ITC) untuk pemain Persija Jakarta yang diajukan PSSI.

Dengan demikian, Persija tidak bisa memakai tiga pemain asing yang baru dan Ryuji Utomo pada babak kualifikasi Liga Champions Asia melawan Home United di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (5/2/2019)..

Tiga pemain asing tersebut adalah Jakhongir Abdumuminov, Bruno Matos, dan Vinicius Lopes Laurindo. Sementara Ryuji memerlukan ITC karena dia membela PTT Rayong pada musim lalu.

Jakhongir Abdumuminov, Bruno Matos, dan Vinicius Lopes Laurindo

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Persija Terancam Tanpa Pemain Asing, Ini 9 Langkah di Bursa Transfer", https://bola.kompas.com/read/2019/01/22/17074228/persija-terancam-tanpa-pemain-asing-ini-9-langkah-di-bursa-transfer.
Penulis : Ferril Dennys
Editor : Ferril Dennys

“Kami sudah berupaya maksimal meminta dispensasi dari AFC, namun tidak bisa dipenuhi,” kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

Baca juga: Persija Terancam Tanpa Pemain Asing, Ini 9 Langkah di Bursa Transfer

Ditambahkan Tisha, PSSI juga sudah menyampaikan hal ini kepada pihak Persija dan Persija pun dapat menerima dan memahami kondisi ini dikarenakan untuk menyukseskan agenda nasional Pemilihan Presiden 2019, kompetisi harus dimulai 2 pekan setelahnya.

Sesuai regulasi FIFA, klub bisa mendaftarkan pemain, jika pemain sudah mendapatkan ITC. Proses ITC berlangsung pada periode jendela transfer pemain. Untuk kompetisi Liga 1 Indonesia, jendela transfer baru dapat dibuka pada tanggal 15 Februari sampai 9 Mei 2018.

ITC merupakan persyaratan mutlak untuk pemain pendatan baru di sebuah kompetisi. ITC berfungsi sebagai tanda memutus kerja sama dengan klub lama dan kemudian memulai bergabung dengan klub baru.

Setelah ITC dikeluarkan asosiasi yang lama di mana pemain tersebut berkarier sebelumnya, maka si pemain bisa didaftarkan di asosiasi sepak bola negara yang baru. Tanpa ITC, pemain tersebut dianggap ilegal.

Kebijakan penentuan tanggal jendela transfer pemain berkaitan dengan jadwal kompetisi. Untuk tahun 2019, PSSI mempertimbangkan bahwa kompetisi Liga 1 dimulai pada awal Mei, setelah hajatan besar pemilihan presiden selesai.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber PSSI
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X