Bocor, Rahasia Sepatu Bola dan Pembinaan Usia Muda!

Kompas.com - 21/01/2019, 06:30 WIB
Kiper SSB Candrabhaga Sendy Permana (nomor punggung 1) dan penyerang Gregorio Veda Ezra (nomor punggung 12) mendengarkan arahan pelatih Tias Tono Taufik pada turnamen U15 Jakarta Timur pada Sabtu (27/10/2018) di Lapangan Brigif 1. Pembinaan usia muda adalah hal penting untuk kemajuan persepakbolaan di Indonesia. Kompas.com/Josephus PrimusKiper SSB Candrabhaga Sendy Permana (nomor punggung 1) dan penyerang Gregorio Veda Ezra (nomor punggung 12) mendengarkan arahan pelatih Tias Tono Taufik pada turnamen U15 Jakarta Timur pada Sabtu (27/10/2018) di Lapangan Brigif 1. Pembinaan usia muda adalah hal penting untuk kemajuan persepakbolaan di Indonesia.


JAKARTA, KOMPAS.com - Ternyata ada rahasia antara sepatu bola dan pembinaan pesepak bola usia muda.

Adalah Direktur Keuangan PT Concave Sukses Bersama Bruno Saputan yang membocorkan rahasia itu pada Jumat (18/1/2019).

Baginya, pembinaan pesepak bola usia muda datang dari sekolah sepak bola (SSB).

"Kan bibit-bibit pesepak bola datang dari SSB," katanya di sela-sela persiapan peluncuran resmi sepatu sepak bola Concave bersiap memasuki pasar Indonesia yang lebih luas.

(Baca: Hulk, Duta Sepatu Bola yang Betah di China)

Prinsip

Sebagai pihak yang sudah lama berkecimpung di industri sepatu sepak bola, Bruno memegang teguh prinsip ini.

"Kalau dari awal, mereka (pesepak bola muda) pakai sepatu (merek dan desain tertentu), mereka seterusnya akan pakai sepatu itu, walaupun, mereka (sudah) terkenal," ujar Bruno.

Maka dari itulah, Concave, kata Bruno, mendukung pembinaan usia muda. "Apalagi, SSB sudah mulai dengan pembinaan pada usia (U)-10," katanya.

Bruno menambahkan, lantaran ada pembinaan sejak U-10, pihaknya juga menyiapkan sepatu sepak bola untuk anak-anak. "Sehingga, kita bisa support mereka," kata Bruno.

Khas

Direktur Pemasaran PT Concave Sukses Bersama Handoko (kiri) dan Direktur Keuangan PT Concave Sukses Bersama Bruno Saputan (kanan).

Bruno Saputan memegang sepatu Concave Aura warna merah-putih yang didesain untuk pasar Indonesia.Kompas.com/Josephus Primus Direktur Pemasaran PT Concave Sukses Bersama Handoko (kiri) dan Direktur Keuangan PT Concave Sukses Bersama Bruno Saputan (kanan). Bruno Saputan memegang sepatu Concave Aura warna merah-putih yang didesain untuk pasar Indonesia.

Hal lain yang juga menjadi bagian penting kaitan antara sepatu sepak bola dan pemain usia muda adalah kekhasan sepatu sepak bola itu.

Soal kenyamanan dan kegunaan sepatu sepak bola membuat pemakaian perlengkapan olahraga itu tidak bisa didiktekan kepada pesepak bola.

"Sepatu bola yang berkualitas itu nyaman dipakai dan betul-betul sesuai dengan kegunaan. Seperti, sepatu untuk pemain dengan kecepatan lari ya harus ringan," pungkas Bruno Saputan.

(Baca: 3 Trik Pilih Sepatu Sepak Bola Berkualitas untuk Pemula)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X