Ada Pebalap Malaysia Lagi yang Diproyeksikan Akan Tampil di MotoGP

Kompas.com - 18/01/2019, 20:40 WIB
Para pebalap bersaing memacu motor mereka pada balapan GP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (30/10/2016).MOTOGP.COM Para pebalap bersaing memacu motor mereka pada balapan GP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (30/10/2016).

KOMPAS.com - Hafizh Syahrin kini menjadi satu-satunya pebalap Malaysia yang tampil di MotoGP. Namun, ke depannya, akan ada pebalap Malaysia lain yang menyusul langkah Syahrin. Dia adalah Khairul Idham Pawi.

Pawi memang tidak akan langsung berlaga di kelas MotoGP musim 2019. Namun, dia sudah diproyeksikan untuk dapat tempat di SIC Racing Team.

Untuk musim 2019, Pawi akan berlaga dulu di Moto2 bersama SIC Racing Team. Ini merupakan tahun pertama kiprah SIC, tim Malaysia yang disokong oleh pengelola Sirkuit Sepang dan Petronas.

Sebelum bergabung di SIC, Pawi merupakan pebalap di tim Idemitsu Honda Team Asia. Saat masih berlaga di Moto3 musim 2016, Pawi mencatatkan sejarah sebagai pebalap Malaysia pertama yang memenangi grand prix.

Baca juga: Hasil FP2 MotoGP Ceko, Hafizh Syahrin Tembus Lima Besar

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

syukur alhamdulillah masih di beri peluang olehnya. terima kasih mak&ayah ???? and thanks to everyone for wish my sweet birthday 19y/o ????

A post shared by Khairul Idham Pawi (@khairulidham89) on Sep 20, 2017 at 2:30am PDT

CEO Sepang, Razlan Razali, mengatakan, Pawi diberikan kontrak untuk berlaga di Moto2 selama dua musim. Menurut Razlan, Pawi sudah sempat mengunjungi paddock SIC saat tes pramusim di Valencia, November silam.

"Dia punya dua tahun untuk menunjukkan performa karena kami ingin dia menjadi pebalap MotoGP Malaysia pertama di tim ini," kata Razlan dikutip dari Crash, Kamis (17/1/2019).

"Pawi merupakan harta nasional kami. Sebab, dia menjadi satu-satunya pebalap Malaysia yang berhasil memenangi seri Moto3. Sangat disayangkan dia terlalu cepat naik ke Moto2. Saya tidak tahu apa yang direncanakan, tetapi tetap dia harus melalui pengalaman selama dua tahun," ucapnya.

"Tawaran ini seharusnya dapat memberikan keberanian dan motivasi baginya untuk bekerja lebih keras karena dia tahu ada posisi pebalap di MotoGP yang sedang menunggunya," ucap Razlan.

Baca juga: Hafizh Syahrin Bertekad Akan Kalahkan Anak Didik Valentino Rossi




Close Ads X