Luis Milla Jadi Pendorong Kerja Sama La Liga dengan PT LIB

Kompas.com - 17/01/2019, 14:20 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla, mengamati pertandingan kontra Taiwan pada laga Grup A Asian Games 2018 di Stadion Patriot, 12 Agustus 2018. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla, mengamati pertandingan kontra Taiwan pada laga Grup A Asian Games 2018 di Stadion Patriot, 12 Agustus 2018.

KOMPAS.com - Mantan pelatih timnas Indonesia, Luis Milla, ternyata berada di balik terjalinnya kerja sama antara PT Liga Indonesia Baru (LIB) dengan La Liga Spanyol.

Luis Milla menyarankan kepada La Liga untuk bekerja sama dengan PT LIB untuk mengembangkan kualitas pemain sepak bola muda Indonesia.

Managing Director La Liga untuk Asia Tenggara, Jepang, Korea, dan Australasia, Ivan Codina, mengaku sempat berdiskusi dengan Luis Milla sebelum memutuskan bekerja sama dengan PT LIB.

Luis Milla menyarankan kerja sama itu segera dilakukan karena banyak pemain muda berkualitas berasal dari Indonesia.

Tujuan kerja sama tersebut untuk bersama-sama mengembangkan kualitas permainan sepak bola di Spanyol dan Indonesia.

Kerja sama itu akan memperkuat komunikasi kedua organisasi tersebut untuk saling berbagi informasi mengenai berbagai hal, termasuk peningkatan tata manajemen keuangan, masalah keorganisasian, serta pelatihan.

"Indonesia merupakan salah satu market La Liga karena pemain muda di sini cukup potensial. Kami melihat talenta anak-anak usia 10 sampai 12 tahun luar biasa," kata Ivan Codina, seperti dilansir BolaSport.com, Kamis (17/1/2019).

Baca juga: PT LIB Jalin Kerja Sama dengan La Liga

"Ini juga mendapatkan masukan dari Luis Milla bahwa dengan berpartner bersama PT LIB bisa menjadi kerjasama yang bagus untuk sepak bola Indonesia," ucap Ivan Codina.

Tak hanya itu, tujuan kerja sama tersebut juga ingin mendekatkan masyarakat Indonesia yang menyukai kompetisi La Liga Spanyol.

Selain Indonesia, La Liga Spanyol juga sudah bekerja sama dengan beberapa negara Asia lainnya seperti Jepang, Thailand, dan Malaysia.

Baca juga: Penjelasan PT LIB soal Belum Bisa Terapkan VAR di Kompetisi Indonesia

Kerja sama dengan PT LIB juga menjadi sebuah tantangan baru bagi La Liga Spanyol untuk membantu menyelesaikan masalah di persepakbolaan Indonesia.

"Setiap kompetisi itu memiliki tantangan sendiri, seperti di Indonesia. Kami ingin memahami masalah apa yang saat ini terjadi di Indonesia. Kami bisa bertukar pikiran dari negara-negara yang bekerja sama dengan La Liga," kata Ivan Codina. (Mochamad Hary Prasetya)



Close Ads X