M Natsir Akui Dituntut Jadi Kiper Modern di Persib - Kompas.com

M Natsir Akui Dituntut Jadi Kiper Modern di Persib

Kompas.com - 17/01/2019, 14:00 WIB
Kiper Persib Bandung M Natsir saat ditemui wartawan di Sosi Universe Fitness, Bandung, Kamis (17/1/2019).KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI Kiper Persib Bandung M Natsir saat ditemui wartawan di Sosi Universe Fitness, Bandung, Kamis (17/1/2019).

BANDUNG, KOMPAS.com - Kiper Persib Bandung M Natsir mendapat tantangan baru. Ia bersama Made Wirawan dan Aqil Savic mulai dituntut menjadi kiper modern.

Tren penjaga gawang pada era sepak bola modern memang punya tugas ganda. Selain menjaga gawang, kiper juga dituntut mampu berperan sebagai sweeper yang bisa membangun serangan.

Baca Juga: Dikhawatirkan Jadi Penyebar Virus, Gonzalo Higuain 'Disingkirkan' dari AC Milan

M Natsir tak menampik, profil kiper modern memang sangat diperlukan dalam pola permainan Persib di tangan Miljan Radovic.

"Kebetulan Radovic ingin seperti itu ternyata kiper-kiper sekarang memang harus berfungsi sebagai stopper, sebagai bek," kata pemain yang akrab disapa Deden itu saat ditemui di Sosi Universe Fitness, Bandung, Kamis (17/1/2019).

Deden menuturkan, ada perubahan signifikan dalam program latihan penjaga gawang. Pelatih kiper baru Persib, Gatot Prasetyo, sering mengawali sesi latihan kiper dengan melatih umpan pendek bagi kiper.

"Kami setiap mengawali latihan mulai kemarin selalu passing. Karena itu menyesuaikan untuk bisa bermain bola pendek, terutama dengan bek," ungkapnya.

Deden mengatakan, peran serupa sudah mulai lakukan pada musim lalu. Ia mengaku sering diinstruksikan untuk memainkan bola pendek dan membangun serangan.

"Kalau saya pribadi utamakan build up. Itu saya lakukan pada musim kemarin juga mungkin di musim sekarang lebih sering berlatih untuk selalu build up di dalam permainan," tuturnya.

Meski dituntut jadi kiper modern, Deden mengaku tak ada kiper khusus yang ia jadikan referensi. Namun, ia sering melihat kompilasi penyelamatan terbaik dari kiper dunia.

"Kebetulan saya tidak pernah mengikuti pertandingan di luar. Tapi kadang lihat ada penyelematan kiper seperti De Gea banyak melakukann penyelamatan. Deden hanya melihat di Intagram saja," ujarnya.



Close Ads X