Kompas.com - 15/01/2019, 20:59 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Persija Jakarta pada Selasa (15/1/2019) resmi mengumumkan Ivan Kolev sebagai pelatih baru tim berjulukan Macan Kemayoran itu pada musim depan.

Pelatih asal Bulgaria ini mendapatkan kontrak setahun untuk menggantikan sosok Stefano Cugurra yang memilih mengundurkan diri setelah memberikan tiga gelar musim lalu.

Kolev menandatangani kesepakatan kontrak di mes Persija di kawasan Halim.

Direktur Utama Persija Jakarta, Gede Widiade, menjelaskan proses hingga akhirnya pihaknya memilih Ivan Kolev sebagai pelatih. Nama-nama yang muncul diteliti dulu rekam jejaknya kemudian digodok oleh manajemen. Setelah melalui proses itu, muncullah sosok Kolev yang dinilai tepat untuk menjadi pelatih Macan Kemayoran musim ini.

“Coba baca track record-nya. Ia (Kolev) sudah mengenal kultur sepak bola Indonesia dengan baik. Di samping itu, ia juga tidak terkendala masalah komunikasi dengan pemain,” imbuh Gede.

Baca Juga: Berita Transfer, Rekap Perkembangan Transfer Liga 1

Yang bikin Persija kepincut dengan Kolev karena sang pelatih tahu bagaimana cara menangani pemain. “Ia memperlakukan pemain seperti anaknya. Dia mampu menganyomi pemain ditambah lagi Kolev bukan sosok baru di Persija karena pernah menangani tim ini sebelumnya,“ terang Gede.

Kolev memang bukan nama asing di Persija. Ia pernah menukangi Persija selama dua musim, yakni pada tahun 1999 dan 2000. Dalam periode tersebut, Ivan Kolev berhasil mempersembahkan gelar bagi tim Ibu Kota.

Trofi itu didapat ketika Persija tampil di Brunei Invitation Cup 2000. Persija sukses mengalahkan wakil Hong Kong, Happy Valley di partai puncak dengan skor 4-3. Empat gol Persija dicetak melalui kreasi Imran Nahumarury, Ali Sunan, Luciano Leandro, dan Budiman. Trofi ini menjadi yang pertama bagi Ivan Kolev di Persija.

Pada 1999-2000, ia juga mampu membawa Macan Kemayoran juara Wilayah Barat dan lolos hingga semifinal Divisi Utama sebelum akhirnya kalah dari PSM Makassar.

Tidak hanya itu, pelatih asal Bulgaria itu juga pernah dua kali menjadi nakhoda Timnas Indonesia, yakni pada 2002-2004 dan 2007-2008. Pria 61 tahun ini membawa Indonesia menjadi finalis Piala Tiger (AFF) 2002 serta meloloskan Indonesia ke putaran final Piala Asia 2004.

Ia juga merupakan sosok yang mengorbitkan nama legenda hidup Persija, Bambang Pamungkas. Kala itu, Bambang Pamungkas baru menginjak usia 19 tahun saat Kolev masuk pertama kali di Persija.

Ketika itu Macan Kemayoran sedang krisis pemain, dan Kolev dengan beraninya memasang Bepe sebagai ujung tombak. Strategi ini berhasil, pemain bernomor punggung 20 ini sukses membayar kepercayaan Kolev. Bepe menjelma menjadi sosok rising star dan kini masih menjadi ikon Persija.

Catatan ini tentunya bisa memberikan energi positif bagi Kolev ketika kembali ke Persija Jakarta. “Terkait hasil minor di klub sebelumnya saya rasa hanya terkendala adaptasi saja. Ia tidak diberikan banyak waktu, nah sekarang ini di Persija juga masih banyak waktu terutama di Liga 1. Mengingat Liga 1 kemungkinan akan bergulir selepas pemilu, banyak waktu tentunya untuk Kolev meramu tim,” papar Gede.

Di Persija, Kolev akan dibantu staf pelatih musim lalu seperti Mustaqim di posisi asisten pelatih. Kemudian ada nama Ahmad Fauzi sebagai pelatih kiper. Juga San San Susanpur sebagai pelatih fisik. Bersama mereka, Kolev juga bersiap membawa Persija bermain di kancah Asia yaitu babak kualifikasi Asian Champions League (ACL) 5 Februari nanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.