20 Pelatih Indonesia Segera Ikuti Kursus Lisensi AFC Pro di Spanyol

Kompas.com - 15/01/2019, 20:51 WIB
Pelatih Timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri, melihat permainan anak asuhnya melawan Jepang pada pertandingan perempat final Piala Asia U-19 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 28 Oktober 2018. AFC Pelatih Timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri, melihat permainan anak asuhnya melawan Jepang pada pertandingan perempat final Piala Asia U-19 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 28 Oktober 2018.

KOMPAS.com - Sebanyak 20 pelatih Indonesia akan segera berangkat ke Spanyol untuk menyelesaikan modul kelima kursus lisensi AFC Pro.

Salah satu dari 20 pelatih tersebut adalah arsitek timnas U-22 Indonesia, Indra Sjafri. Kursus pelatih ini rencananya akan berlangsung selama 10 hari dari 19 sampai 29 Januari 2019.

"Kami akan berangkat ke Alaves (salah satu kota di Spanyol) selama 10 hari," kata Indra Sjafri dikutip dari BolaSport.com.

"Setelah itu, kami ada modul keenam untuk instruktur dan melihat masing-masing pelatih melatih di klub Spanyol," ujarnya.

Baca juga: Indra Sjafri Akan Coret Lima Pemain Timnas U-22 Indonesia

Dalam kursus tersebut, setiap pelatih akan mendapat jatah tim berbeda untuk diamati.

"Setelah itu, kami presentasikan tesis dan juga mengamati salah satu klub di Eropa. Kebetulan, saya mendapatkan klub Liga Spanyol, Real Betis, dan semoga tesis saya diterima," ucap Indra Sjafri.

Berbeda dari pelatih lainnya, Indra Sjafri akan pulang ke Tanah Air lebih cepat. Kewajiban menjadi pelatih timnas U-22 Indonesia menjadi alasannya.

Seperti diketahui, timnas U-22 Indonesia saat ini sedang menggelar pemusatan latihan. Indra Sjafri dituntut untuk segera membentuk tim yang akan diberangkatkan ke Kamboja mengikuti Piala AFF U-22 2019.

"Jadi, para pelatih lain akan berada di Spanyol selama 10 hari, sedangkan saya hanya lima hari. Saya akan kembali ke Indonesia pada 24 Januari," kata Indra Sjafri.

Baca juga: Satu Pemain Timnas U-22 Indonesia Lolos Seleksi di Klub Eropa

Indra Sjafri juga mengucapkan terima kasih kepada PSSI atas kesempatan mengikuti kursus kali ini. Pasalnya, ini baru pertama kali ada pelatih Indonesia mengikuti kursus AFC Pro.

Indra Sjafri berharap para pelatih yang akan mendapatkan lisensi AFC Pro ini akan memberi dampak baik bagi persepakbolaan Indonesia.

"Dari pelatih yang baik, tentu saja akan melahirkan pemain-pemain berkualitas," kata Indra Sjafri.

Kursus kepelatihan AFC Pro kali ini akan ditutup dengan menyaksikan laga Deportivo Alaves melawan Rayo Vallecano pada lanjutan Liga Spanyol, Selasa (29/1/2019). (Mochammad Hary Prasetya)

Berikut adalah daftar lengkap 20 pelatih Indonesia yang akan berangkat ke Spanyol mengikuti kursus kepelatihan lisensi AFC Pro:

1. Djajang Nurjaman
2. Bambang Nurdiansyah
3. Aji Santoso
4. Wolfgang Pikal
5. Rudy Eka Priyambada
6. Joko Susilo
7. Liestiadi
8. Hanafing
9. Tony Ho
10. Emral Abus
11. Rahmad Darmawan
12. Iwan Setiawan
13. Nil Maizar
14. Indra Sjafri
15. Widodo Cahyono Putro
16. Yeyen Tumena
17. Mundari Karya
18. Yunan Helmi
19. Syafrianto Rusli
20. Seto Nurdiantoro




Close Ads X