Kompas.com - 15/01/2019, 19:18 WIB
Reaksi penjaga gawang Arsenal, Petr Cech, usai pertandingan melawan FC Liverpool di Stadion Emirates, London, Minggu (14/8/2016), pada pekan pertama Premier League. Arsenal kalah 3-4. LEE MILLS/AFPReaksi penjaga gawang Arsenal, Petr Cech, usai pertandingan melawan FC Liverpool di Stadion Emirates, London, Minggu (14/8/2016), pada pekan pertama Premier League. Arsenal kalah 3-4.

KOMPAS.com - Kiper senior Arsenal, Petr Cech, secara resmi memutuskan akan pensiun pada akhir musim ini. Pengumuman itu ditulis Cech di akun Twitter pribadinya pada Selasa (15/01/2019).

Kontrak yang tidak diperpanjang Arsenal kemungkinan menjadi alasan Cech untuk pensiun. Sebelumnya, Cech menyatakan masih menunggu tawaran baru dari Arsenal terkait kontrak yang akan habis akhir musim ini.

Dalam enam bulan ke depan, Cech mengaku akan berusaha keras berkontribusi memberi gelar untuk Arsenal.

"Musim ini adalah musim ke-20 saya berkarier di sepak bola profesional. Saya pikir ini adalah waktu yang tepat untuk mengumumkan saya akan pensiun pada akhir musim ini," kata Cech.

"Saya sudah bermain selama 15 tahun di Liga Inggris dan telah memenangkan semua gelar yang tersedia. Saya pikir saya telah mencapai segala kesuksesan," ujar Cech.

"Saya akan berusaha keras di Arsenal untuk menambah koleksi trofi. Setelah itu, saya sangat antusias menjalani hidup di luar lapangan," tutur kiper asal Ceko ini mengakhiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Absen Lagi dari Skuat Arsenal, Mesut Oezil Bakal Dijual Unai Emery?

Baca juga: Hasil Pencarian Google, Arsene Wenger Jadi Pelatih Timnas Thailand?

Kedatangan Bernd Leno pada awal musim ini membuat Cech hanya menjadi pilihan kedua di Arsenal. Musim ini, Cech baru tampil 12 kali di semua kompetisi.

Arsenal adalah tim kedua Cech setelah Chelsea sejak pertama kali berkarier di Inggris pada 2004. 15 musim di Liga Inggris, Cech berhasil menorehkan berbagai rekor pribadi.

Hingga saat ini, Cech masih menjadi kiper dengan catatan clean sheet terbanyak Liga Inggris yakni 202 pertandingan. Cech juga memegang rekor jumlah laga tidak kebobolan terbanyak dalam semusim Liga Inggris.

Rekor itu terjadi pada musim 2004-2005 atau saat debut di Liga Inggris dengan torehan 24 laga tidak kebobolan. Bersama Arsenal dan Chelsea, Cech total meraih 20 gelar bergengsi termasuk empat Liga Inggris, satu Liga Europa dan satu Liga Champions.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.