Kylian Mbappe adalah Pele Baru di Sepak Bola

Kompas.com - 15/01/2019, 18:40 WIB
Pemain Perancis Kylian Mbappe mencium trofi juara usai mengalahkan Kroasia pada laga babak final Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskwa, Minggu (15/7/2018) atau Senin dini hari WIB. Perancis mengulangi kesuksesan 20 tahun lalu dan keluar sebagai juara Piala Dunia 2018 usai menundukkan Kroasia dengan skor 4-2.AFP PHOTO/FRANCK FIFE Pemain Perancis Kylian Mbappe mencium trofi juara usai mengalahkan Kroasia pada laga babak final Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskwa, Minggu (15/7/2018) atau Senin dini hari WIB. Perancis mengulangi kesuksesan 20 tahun lalu dan keluar sebagai juara Piala Dunia 2018 usai menundukkan Kroasia dengan skor 4-2.

KOMPAS.com - Prestasi gemilang bintang muda Paris Saint-Germain (PSG), Kylian Mbappe, terus mendapat pujian dari kalangan sepak bola dunia.

Kali ini, pujian datang dari legenda Brasil, Pele. Menurut Pele, Mbappe punya segala potensi yang dibutuhkan untuk bisa menjadi legenda di masa depan.

"Dia (Mbappe) bisa menjadi juara Piala Dunia di usia 19 tahun. Saya kali pertama juara pada usia 17 tahun," ujar Pele dikutip dari situs Goal, Selasa (15/01/2019).

"Saya pikir dia akan menjadi Pele baru. Banyak orang akan menertawakan perkataan saya, tapi saya tidak. Itu bukan lelucon," ujar pria yang kini berusia 78 tahun itu.

Baca juga: Kylian Mbappe Singkirkan Cristiano Ronaldo dari Kamarnya

Fenomena Mbappe dimulai ketika menjadi pemain termuda AS Monaco yang debut di tim utama. Mbappe berusia 16 tahun 347 hari ketika lulus pada Desember 2015.

Mbappe menunjukkan perkembangan yang positif dan berhasil mengantarkan AS Monaco menjadi juara Liga Perancis pada usia 18 tahun.

Talenta Mbappe kemudian membuat PSG rela menebusnya dengan harga mencapai Rp 3,1 triliun. Dinobatkan menjadi pemain muda termahal sepanjang sejarah tidak membuat Mbappe kehilangan potensinya.

Baca juga: Kylian Mbappe Akui Nyaris Gabung Arsenal karena Bisikan Arsene Wenger

Deretan prestasi sepanjang 2018 menjadi buktinya. Setelah membantu PSG mendominasi kompetisi domestik, Mbappe sukses membawa timnas Perancis menjadi juara Piala Dunia 2018.

Atas prestasi itu, Mbappe dinobatkan menjadi pemain muda terbaik Perancis dan Piala Dunia 2018. Puncaknya, Mbappe meraih Kopa Trophee atau Ballon d'Or U-21.

Menurut riset CIES Football Observatory, per Januari 2019, Mbappe adalah pemain dengan nilai pasar tertinggi di dunia. Harga beli Mbappe kini sudah mencapai 196,1 juta poundsterling atau setara Rp 3,5 triliun.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X