Transfer Ronaldo Jadi Alasan Zidane Tinggalkan Real Madrid

Kompas.com - 14/01/2019, 18:00 WIB
Cristiano Ronaldo dan Zinedine Zidane tampak semringah seusai Real Madrid kembali menjadi juara Liga Champions 2018 di Kiev, 26 Mei 2018. AFP/FRANCK FIFE Cristiano Ronaldo dan Zinedine Zidane tampak semringah seusai Real Madrid kembali menjadi juara Liga Champions 2018 di Kiev, 26 Mei 2018.

KOMPAS.com - Kepindahan Cristiano Ronaldo ke Juventus awal musim ini adalah alasan di balik keputusan Zinedine Zidane meninggalkan Real Madrid.

Hal ini adalah pendapat dari mantan Presiden Real Madrid, Ramon Calderon. Menurut Calderon, Zidane sangat tidak setuju dengan langkah presiden saat ini, Florentino Perez, untuk melepas Ronaldo.

"Dia (Zidane) ingin mempertahankan Ronaldo dan menjual Gareth Bale. Namun, Perez justru melakukan hal yang berlawanan (mempertahankan Bale)," kata Calderon dikutip dari situs web Express, Senin (14/01/2019).

"Zidane juga ingin mendatangkan sejumlah pemain dan membuang sebagian yang ada, termasuk Bale. Namun, dia tidak mendapat restu dari Perez. Dia akhirnya membuat keputusan yang tepat, yakni mengundurkan diri," ujar Calderon menambahkan.

Baca juga: Jual Cristiano Ronaldo Keputusan Terburuk Real Madrid Sepanjang Sejarah

Merunut pernyataan Calderon, bisa disebut Ronaldo meninggalkan Real Madrid terlebih dahulu daripada Zidane.

Untuk diketahui, Zidane memutuskan mundur dari kursi pelatih Real Madrid lima hari setelah final Liga Champions atau akhir Mei 2018 lalu.

Sementara itu, Ronaldo diresmikan Juventus kurang lebih satu bulan setelahnya atau awal Juli 2018.

Ucapan Calderon kali ini juga diperkuat dengan pernyataan Ronaldo dan agennya Jorge Mendes. Sebelumnya, Mendes menyebut Ronaldo sudah ingin meninggalkan Real Madrid pada Januari 2018.

Mendes bahkan mengaku langsung bertemu dengan para petinggi Juventus setelah mendengar keinginan Ronaldo.

Baca juga: Zinedine Zidane Dianggap Paling Cocok ke Manchester United

Di sisi lain, Ronaldo pada bulan Oktober 2018 menyatakan alasan kepergiannya dari Real Madrid bukan karena Zidane, melainkan sikap Florentino Perez.

"Keputusan saya untuk pergi tidak disebabkan oleh kepergiannya (Zidane). Saya merasa sikap Perez kepada saya sudah berubah. Perez melihat saya seperti tidak lagi dibutuhkan di Real Madrid," kata Ronaldo dikutip dari Goal.

Kepergian Ronaldo dan Zidane kini harus dibayar mahal oleh Perez dan Real Madrid. Sejak saat itu, Real Madrid sudah dua kali berganti pelatih dan kini terseok-seok di Liga Spanyol.

Adapun penampilan Ronaldo kini di Juventus semakin membaik, sementara Zidane masih belum mendapatkan pekerjaan baru.



Close Ads X