Kompas.com - 14/01/2019, 14:40 WIB
COO dan CEO PT Liga Indonesia Baru (LIB), Tigor Shalomboboy dan Risha Adi Wijaya di Kantor LIB, Menara Mandiri, Jakarta, Jumat (4/1/2019). SUPERBALL.ID/ FERI SETIAWANCOO dan CEO PT Liga Indonesia Baru (LIB), Tigor Shalomboboy dan Risha Adi Wijaya di Kantor LIB, Menara Mandiri, Jakarta, Jumat (4/1/2019).
|

KOMPAS.com - CEO PT Liga Indonesia Baru (LIB), Risha Adi Wijaya, mengatakan bahwa kompetisi Liga 1 2019 dipastikan tidak akan menggunakan asisten wasit video atau video assistant referee (VAR).

Hal itu disebabkan teknologi VAR masih belum bisa dipergunakan di kompetisi kasta tertinggi persepakbolaan Indonesia.

Risha Adi Wijaya mengatakan, keputusan kompetisi Liga 1 2019 memakai VAR atau tidak itu bukan dari PT LIB, melainkan PSSI.

Pasalnya, PSSI yang mengurusi semua wasit, termasuk peralatannya sebelum ditugaskan memimpin sebuah pertandingan.

Risha Adi Wijaya mengatakan, secara teknis VAR bisa dipergunakan apabila semua laga di persepakbolaan Indonesia disiarkan secara langsung atau setidaknya memiliki rekaman pertandingan.

Menurut dia, VAR itu mengacu kepada teknologi kamera yang menentukan keputusan dari sang wasit tersebut.

Perlu diketahui bersama, VAR adalah asisten wasit sepak bola yang bertugas meninjau keputusan wasit kepala dengan melihat rekaman video instan.

VAR belum menjadi bagian dari Laws of the Game, tetapi penggunaannya telah diuji coba oleh International Football Association Board di beberapa turnamen.

Baca Juga: Ini Alasan Stefano Cugurra Gabung Bali United

"Kalau itu sudah dipenuhi, VAR baru bisa diterapkan, tetapi proses untuk menggunakan VAR secara teknis butuh waktu paling tidak satu tahun," kata Risha Adi Wijaya kepada BolaSport.com.

"Kenapa? Karena ada proses latihan lagi kepada wasit, kepada (petugas) kamera, dan tentu saja itu membutuhkan waktu," ucap Risha Adi Wijaya menambahkan.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber BolaSport

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.