Kompas.com - 10/01/2019, 12:46 WIB
Wasit Muhammad Irham (mengenakan baju batik) didampingi penasehat hukumnya Taufiqurrahman saat hendak menemui wartawan usai menjalani pemeriksaan oleh Satgas Antimafia Bola di Mapolda DIY KOMPAS.com / Wijaya KusumaWasit Muhammad Irham (mengenakan baju batik) didampingi penasehat hukumnya Taufiqurrahman saat hendak menemui wartawan usai menjalani pemeriksaan oleh Satgas Antimafia Bola di Mapolda DIY

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu wasit yang memimpin beberapa pertandingan di Liga 2, Muhammad Irham, mengajak semua wasit untuk berani berbicara kepada Satgas Antimafia Bola terkait match manipulation dan intimidasi di kompetisi sepak bola pada musim 2018 lalu.

Sebab, dia menilai, saat ini merupakan momen yang tepat untuk memperbaiki kompetisi sepak bola di Indonesia.

"Saya hadir di sini atas kesadaran saya dan dengan cita-cita yang besar untuk sepak bola Indonesia, khususnya agar kompetisi di semua level di Indonesia bisa berjalan dengan normal dan profesional," ujar Muhammad Irham kepada wartawan seusai menjalani pemeriksaan oleh Satgas Antimafia Bola di Mapolda DIY, Kamis (10/1/2019).

Muhammad Irham mengaku sudah menantikan momen seperti saat ini untuk membenahi sepak bola Indonesia.

Baca juga: Wasit Liga 2 Diperiksa Satgas Antimafia Bola di Mapolda DIY

Karena itu, kepada Satgas Antimafia Bola, dia mengungkap apa yang dialami dan diketahui.

Muhammad Irham menyampaikan tentang match manipulation. Selain itu juga adanya intimidasi-intimidasi yang terjadi sebelum pertandingan, baik kepada wasit, perangkat pertandingan, tim, maupun pemain di kompetisi yang telah bergulir tahun 2018, khususnya Liga 2.

"Tadi sudah saya sampaikan secara gamblang ke Satgas Antimafia Bola," katanya. 

Muhammad Irham mengajak wasit maupun pelaku sepak bola di Indonesia agar berani berbicara kepada Satgas Antimafia Bola sehingga ke depan kompetisi di semua level di Indonesia bersih dari praktik-praktik kotor.

Baca juga: Satgas Antimafia Bola Tanyakan Kronologi Kecelakaan Krisna Adi

"Kami mengimbau kepada rekan-rekan wasit semua di seluruh Indonesia, maupun pelaku sepak bola yang ada di Indonesia, mari kita buka semuanya yang ada di kompetisi kemarin. Inilah momen yang tepat untuk memperbaiki sepak bola Indonesia," katanya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, salah satu wasit yang memimpin Liga 2, Muhammad Irham Kamis (10/1/2019), diperiksa Satgas Antimafia Bola di Mapolda DIY. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X