Kecewa Chelsea Kalah dari Spurs, Sarri Salahkan Wasit dan VAR - Kompas.com

Kecewa Chelsea Kalah dari Spurs, Sarri Salahkan Wasit dan VAR

Kompas.com - 09/01/2019, 06:58 WIB
Harry Kane coba menaklukkan Kepa Arrizabalaga pada laga Tottenham Hotspur vs Chelsea di Stadion Wembley dalam semifinal pertama Piala Liga Inggris, 8 Januari 2019. AFP/ADRIAN DENNIS Harry Kane coba menaklukkan Kepa Arrizabalaga pada laga Tottenham Hotspur vs Chelsea di Stadion Wembley dalam semifinal pertama Piala Liga Inggris, 8 Januari 2019.

KOMPAS.com - Pelatih Chelsea, Maurizio Sarri, menilai wasit Inggris tidak tahu cara menggunakan video assistant refferee (VAR).

Pernyataan ini diungkapkan Sarri setelah Chelsea takluk 0-1 dari Tottenham Hotspur pada laga semifinal leg pertama Carabao Cup atau Piala Liga di Stadion Wembley, Selasa (8/1/2019) atau Rabu dini hari WIB.

Gol kemenangan Spurs yang dicetak Harry Kane lewat titik putih pada menit ke-26 menjadi kontroversi karena wasit mengambil keputusan setelah melihat VAR.

"Saya sudah melihat cuplikan dari kamera kami. Sangat jelas itu offside. Kamera kami sejajar dengan gerakan Kane," kata Sarri dikutip dari situs web Goal.

"Kane offside dengan kepala dan lutut. Gerakan hakim garis sangat memengaruhi lini belakang kami. Saya pikir wasit Inggris tidak mengerti sistem," ujar Sarri menambahkan.

Baca juga: Hasil Piala Liga Inggris - Kalahkan Chelsea, Tottenham Hotspur Selangkah Menuju Final

Penalti ini berawal dari umpan lambung Toby Addelweireld kepada Kane yang lolos dari kawalan pemain belakang Chelsea.

Tiga bek Chelsea yang berusaha mengejar terlihat berhenti berlari karena melihat hakim garis tidak mengikuti bola.

Wasit Michale Oliver kemudian tetap melanjutkan laga hingga Kane dijatuhkan oleh kiper Kepa Arrizabalaga. Oliver langsung meniup peluit dan menunjukkan gestur agar perangkat pertandingan melihat tayangan VAR.

Saat menunggu VAR, Oliver mendapat protes dari para pemain Chelsea dengan menunjuk hakim garis. Pada akhirnya, Oliver memutuskan penalti dan dieksekusi dengan sempurna oleh Kane.

Baca juga: Tolak ke AC Milan, Alvaro Morata Merapat ke Sevilla

Sarri mengaku kecewa dengan cara kerja wasit ini, terutama bagaimana komunikasi wasit utama dengan hakim garis.

"Jika tidak yakin, Anda harus mengikuti bola, tetapi hakim garis tidak. Dia berhenti dan bek kami berpikir itu offside," kata Sarri.

"Saya pikir mereka harus belajar VAR lagi. Sangat aneh Liga Inggris tidak menggunakan VAR, sementara Carabao Cup ada sistem itu. Aneh untuk kami, wasit, dan pemain," ujar pelatih asal Italia ini menambahkan.

Leg kedua laga ini akan berlangsung di Stadion Stamford Bridge pada Senin (21/1/2019).



Close Ads X