Reli Dakar 2019 Dimulai, Peserta Tertua Pebalap Berusia 77 Tahun - Kompas.com

Reli Dakar 2019 Dimulai, Peserta Tertua Pebalap Berusia 77 Tahun

Kompas.com - 08/01/2019, 16:40 WIB
Tim Hino Team Sugawara yang turun di Reli Dakar 2019 kategori truk. Hino menurunkan dua pebalap, salah satunya pebalap tertua berusia 77 tahun, Yoshimasa Sugawara (dua dari kiri).Hino Team Sugawara Tim Hino Team Sugawara yang turun di Reli Dakar 2019 kategori truk. Hino menurunkan dua pebalap, salah satunya pebalap tertua berusia 77 tahun, Yoshimasa Sugawara (dua dari kiri).

KOMPAS.com - Kompetisi Reli Dakar 2019 telah resmi dimulai pada Senin (7/1/2019). Kejuaraan reli dengan rute yang diklaim terganas di dunia ini akan berlangsung hingga 17 Januari mendatang.

Selaku salah satu peserta di kategori truk, tim Hino Team Sugawara menurunkan dua pebalap menggunakan mesin Hino500 series.

Dari dua pebalap yang diturunkan Hino, salah satunya tercatat menjadi pebalap tertua di ajang ini. Dia adalah Yoshimasa Sugawara.

Mengutip keterangan tertulis Hino, Yoshimasa Sugawara merupakan pembalap berusia 77 tahun dan tercatat dalam Guinness World Record.

Ia merupakan ayah dari Teruhito Sugawara, pebalap kedua Hino. Yoshimasa akan turun dengan truk nomor 517, sedangkan sang anak dengan truk nomor 510.

Baca juga: Hino Pamer Truk Reli Dakar di GIIAS 2018

Truk yang digunakan tim Hino Team Sugawara di ajang Reli Dakar 2019 kategori truk.Hino Team Sugawara Truk yang digunakan tim Hino Team Sugawara di ajang Reli Dakar 2019 kategori truk.

"Untuk mempertahankan posisi sebagai juara bertahan di kelas under 10 Litre yang telah diraih selama 9 tahun terakhir ini, truk No 2 telah mengembangkan truk baru termasuk meningkatkan dapur pacu untuk memaksimalkan output mesin dari sebelumnya 700ps menjadi 750ps," tulis keterangan Hino Indonesia kepada Kompas.com, Selasa (8/1/2019).

"Selain itu, bagian sasis juga terus diperkuat dan penggunaan wheel base yang lebih panjang serta suspensi kabin yang baru untuk mengurangi getaran selama reli berlangsung".

Tim Hino Sugawara merupakan satu-satunya tim asal Jepang yang berlaga di kategori truk.

Baca juga: BLITS Tunda Rencana Berlaga di Reli Dakar

Berbeda dari tahun sebelumnya yang melintasi tiga negara, Reli Dakar 2019 hanya bertempat di negara Peru dengan total jarak tempuh untuk kategori truk sejauh 5.598 km. Gurun Pisco di Peru menjadi special stage terbera. Pada balapan tahun tahun lalu, banyak dari pembalap yang gagal melanjutkan lomba di lintasan ini.

Selain itu, 70 persen dari balapan tahun ini akan melintasi kawasan gurun di negara yang berada pada kawasan Amerika Selatan ini.



Close Ads X