Son Heung-min Kembali Jadi Pemain Terbaik Asia - Kompas.com

Son Heung-min Kembali Jadi Pemain Terbaik Asia

Kompas.com - 07/01/2019, 09:22 WIB
Selebrasi pesepak bola Korea Selatan Heung Min Son (kanan) seusai memenangkan pertandingan melawan tim sepak bola Jepang pada final sepak bola Asian Games 2018 di Stadion Pakan Sari Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/9/2018). Korea Selatan berhak atas medali emas setelah berhasil menundukkan Jepang dengan skor 2-1.ANTARA FOTO/INASGOC/DHEMAS REVIY Selebrasi pesepak bola Korea Selatan Heung Min Son (kanan) seusai memenangkan pertandingan melawan tim sepak bola Jepang pada final sepak bola Asian Games 2018 di Stadion Pakan Sari Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/9/2018). Korea Selatan berhak atas medali emas setelah berhasil menundukkan Jepang dengan skor 2-1.

KOMPAS.com - Penyerang sayap Tottenham Hotspur asal Korea Selatan, Son Heung-min, dinobatkan sebagai pemain terbaik Asia 2018. Gelar ini menjadi yang keempat bagi Son setelah tahun 2014, 2015, dan 2017.

Pada edisi 2018, proses pemilihan berdasarkan hasil voting dari 44 juri. Setiap juri berhak memilih lima dari 24 kandidat yang ada.

Hasilnya, Son mendapatkan total 206 poin dan unggul jauh dari peringkat kedua dan ketiga. Rencananya, upacara penghargaan ini akan digelar pada Maret atau April 2018 mendatang.

Baca juga: Bek Stoke City Diserbu Netizen Usai Komentari Selebrasi Son Heung-min

Tahun 2018 bisa dibilang menjadi tahun tersibuk bagi Son. Setelah menyelesaikan musim 2017-2018, Son langsung terbang ke Rusia untuk memimpin Korea Selatan di Piala Dunia 2018 yang berlangsung Juni-Juli 2018.

Pada turnamen itu, Korsel tersingkir di fase grup. Meski begitu, Son patut bangga karena menjadi pilar penting Korsel ketika mempermalukan juara bertahan, Jerman, 2-0.

Hasil itu membuat Jerman mengakhiri turnamen sebagai juru kunci Grup F.

Sepulang dari Rusia, Son tidak banyak beristirahat karena harus mengikuti jadwal pra musim bersama Tottenham.

Hanya bermain satu laga di Liga Inggris, Son sudah harus meninggalkan Inggris untuk terbang ke Indonesia pada pertengahan Agustus.

Baca juga: Son Heung-min Telat Gabung Timnas Korea Selatan untuk Piala Asia 2019

Son kembali mengemban tugas negara namun kini untuk membela timnas u-23 pada ajang Asian Games 2018. Perjuangan Son tidak sia-sia karena sukses membantu Korsel menggondol medali emas.

Prestasi itu membuat Son terhindar dari wajib militer selama dua tahun dan bisa fokus dengan karier sepak bolanya.

Di tahun 2019, Son kembali akan membela Korsel pada ajang Piala Asia yang berlangsung di Qatar. Jika mampu membawa Korsel berprestasi, maka Son kemungkinan besar akan meraih gelar pemain terbaik Asia kelimanya.



Close Ads X