Man City Vs Liverpool, Alasan Sepakan Sadio Mane Tak Disahkan Jadi Gol

Kompas.com - 04/01/2019, 06:11 WIB
Sapuan John Stones atas tendangan Sadio Mane masih membentur Ederson Moraes pada pertandingan Manchester City vs Liverpool di Stadion Etihad dalam lanjutan Liga Inggris, 3 Januari 2019. AFP/OLI SCARFFSapuan John Stones atas tendangan Sadio Mane masih membentur Ederson Moraes pada pertandingan Manchester City vs Liverpool di Stadion Etihad dalam lanjutan Liga Inggris, 3 Januari 2019.

MANCHESTER, KOMPAS.com - Salah satu momen yang terjadi pada laga Manchester City vs Liverpool dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Etihad, Kamis (3/1/2019), adalah putusan wasit tidak mengesahkan tembakan Sadio Mane

Kejadian itu terjadi pada menit ke-18.  Berawal dari umpan terobosan Mohamed Salah, Sadio Mane yang tinggal berhadapan dengan Ederson Moraes melakukan tembakan dan menerpa tiang gawang.

Bola lantas dibuang oleh John Stones. Hanya, sapuan bola malah berbalik ke arah gawang karena mengenai Ederson.

Baca juga: Man City Vs Liverpool, Klopp Bingung Kompany Tak Kena Kartu Merah

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Stones secara spektakuler berhasil mengamankan gawangnya kembali. Sebelum bola masuk gawang, bek Timnas Inggris itu masih bisa membuang bola keluar.

"Saya mencoba segalanya dan melihat kesempatan itu meski kecil. Saya senang karena bola tidak melewati garis gawang. Hal itu menjadi pembeda pada permainan ini," kata John Stones di situs web BBC. 

Baca review selengkapnya: Hasil Liga Inggris, Man City Beri Kekalahan Pertama bagi Liverpool

Dalam tayangan ulang, terlihat sebagian besar bola sudah masuk ke gawang. Akan tetapi, wasit Anthony Taylor tidak mengesahkannya menjadi gol.

Taylor tidak menyatakan tidak gol karena memang bola tidak sepenuhnya masuk. Liga Inggris menggunakan teknologi garis gawang (Goal-line technology) dan melalui keputusan tersebut, sang wasit menyatakan jika bola belum benar-benar melewati garis.

Sang wasit tidak menerima sinyal apa pun dari perangkat teknologi garis gawang untuk menyatakan bahwa telah terjadi gol. Menurut aturan FIFA, gol disahkan hanya ketika bola 100 persen telah melewati garis gawang. 

Dilihat dalam tayangan ulang, masih ada sebagian kecil bagian bola yang belum melewati garis gawang. Analis Data ESPN, Ben Dinnery, mencatat bagian bola yang belum melewati garis gawang sepanjang 1,12 cm atau 0.44 inch.

Laga Manchester City vs Liverpool dimenangi tuan rumah dengan skor 2-1. Gol Man City dicetak oleh Sergio Aguero (40') dan Leroy Sane (72'), sedangkan gol balasan Liverpool dibukukan Roberto Firmino (64'). (Bagas Reza) 



Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.