Kompas.com - 02/01/2019, 06:50 WIB
Ekspresi pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, dalam partai Liga Spanyol lawan Alaves di Camp Nou, Barcelona, 28 Januari 2018.
JOSEP LAGO / AFPEkspresi pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, dalam partai Liga Spanyol lawan Alaves di Camp Nou, Barcelona, 28 Januari 2018.
Penulis Alsadad Rudi
|

BARCELONA, KOMPAS.com - Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, bisa saja meninggalkan klub tersebut akhir musim ini.

Valverde masih terikat kontrak hingga musim 2019-2020. Namun, dia dan klub punya opsi untuk mengakhiri kontraknya setahun lebih awal, tepatnya pada akhir musim ini.

Valverde telah mengonfirmasi bahwa dia masih bisa memilih untuk mengakhiri masa baktinya di Camp Nou setelah dua musim.

"Saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan musim depan. Di sepak bola ini, siapa yang tahu? Kita semua tahu bagaimana keadaannya. Saya tidak pernah berpikir lama atau jangka panjang," kata Valverde seperti dikutip Goal dari Barca TV, Selasa (1/1/2019).

"Bagi kami, dua bulan adalah waktu yang sangat lama. Jika Anda memenangi pertandingan, semua orang bahagia dan jika Anda kalah, semua orang memperhatikan Anda," ucap Valverde menambahkan.

Baca juga: Dembele Telat Latihan Lagi, Valverde Kini Melunak

Valverde mulai melatih Blaugrana, julukan Barcelona, awal musim 2017-2018. Sampai sejauh ini, dia sudah mempersembahkan satu gelar juara La Liga, satu Copa Del Rey, dan satu Piala Super Spanyol.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk musim ini, Valverde sudah membawa El Barca memimpin klasemen dengan raihan 37 poin dari 17 laga, unggul tiga poin dari pesaing terdekatnya, Atletico Madrid.

"Saya menginginkan semua orang puas dengan pekerjaan saya. Namun, kami tidak akan curang," ucap Valverde.

"Jika Anda tidak memenangi liga, semua orang akan menyorot pelatih karena dia sudah ditandai seperti itu. Saya mencoba untuk memenuhi target dan tentu saja berapa banyak tercapai, mari kita lihat nanti," kata mantan pelatih Athletic Bilbao ini.

Baca juga: 16 Besar Liga Champions, Valverde Ingatkan Barcelona Waspadai Lyon

Lebih lanjut, Valverde juga menjelaskan apa yang dia pelajari selama satu setengah musim di Barcelona. Menurut dia, mengelola klub seperti Barcelona adalah tantangan besar.

"Ini (proses) pembelajaran berkelanjutan. Setiap hari terjadi sesuatu yang harus Anda hadapi dengan satu atau cara yang lain. Kami punya tujuan yang sama bahwa klub bekerja dan lebih besar setiap hari. Kami bermain dengan baik dan orang-orang bahagia," kata Valverde.

"Kadang-kadang Anda 'memukul' mereka semua atau Anda yang salah. Semuanya dianalisis. Namun, saya menerimanya, saya menerimanya dengan baik dan berusaha belajar dari semua ini dengan cukup intens," ucap Valverde.

Baca juga: Valverde Puji Pemain Debutan Barcelona



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.