PSSI Tanggapi Tudingan Peter Butler kepada Simon McMenemy

Kompas.com - 29/12/2018, 20:49 WIB
Simon McMenemy.
MUHAMMAD ROBBANI/BOLASPORT.COMSimon McMenemy.
Penulis Alsadad Rudi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PSSI memberikan tanggapan terhadap tudingan mantan pelatih PSMS Medan asal Inggris, Peter Butler, kepada pelatih tim nasional (timnas) Indonesia, Simon McMenemy.

Butler menuding McMenemy telah mengarang prestasinya.

Dilansir BolaSport.com dari Tribun Medan, Butler bahkan mengatakan McMenemy telah berbohong terkait lisensinya. Butler menilai McMenemy tak memiliki sertifikat pelatih UEFA Pro untuk melatih timnas.

Head of Media Relation and Digital Promotion PSSI Gatot Widakdo membenarkan pernyataan Butlet. Menurutnya, Simon McMenemy memang tidak memiliki lisensi UEFA Pro.

Namun, Gatot menegaskan pelatih kepala timnas memang tak harus memiliki sertifikat UEFA Pro.

"Jadi, Simon memang belum punya lisensi Pro. Tapi, dia sudah pegang lisensi A AFC. Syarat (menjadi pelatih) timnas minimal A AFC," kata Gatot kepada Kompas.com, Sabtu (29/12/2018).

Baca juga: Simon McMenemy Dituding Bohong soal Lisensi, Bhayangkara FC Membela

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keterangan yang sama juga disampaikan Direktur Teknik Bhayangkara FC Yeyen Tumena. Bhayangkara merupakan klub tempat McMenemy bernaung sebelum ditunjuk menjadi pelatih timnas.

Menurut Yeyen, tidak ada regulasi yang menyatakan pelatih kepala harus bersertifikat A Pro. Sebab, lisensi yang dibutuhkan untuk menjadi pelatih timnas minimal hanya A AFC, sedangkan asistennya cukup B AFC.

Walau demikian, dengan prestasi selama menangani Bhayangkara, Yeyen menilai Simon layak menangani timnas.

Selama dua musim, Simon mampu membawa Bhayangkara juara Liga 1 2017 dan meraih peringkat ketiga pada Liga 1 2018.

"Dia mendapatkan kesempatan untuk menjadi pelatih timnas itu bukan dia yang minta, tapi diputuskan oleh PSSI," ucap Yeyen.

Baca juga: Peter Butler Tuding Simon McMenemy Mengarang Soal Prestasinya



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X