Kompas.com - 29/12/2018, 18:52 WIB
Ketua Komisi Disiplin PSSI, Asep Edwin saat ditemui di Kantor PSSI di Rasuna Office Park, Kuningan, Jakarta, Sabtu (29/12/2018). PSSI memanggil puluhan akun-akun medsos yang sempat berkicau tentang kasus pengaturan skor. Kompas.com/Alsadad RudiKetua Komisi Disiplin PSSI, Asep Edwin saat ditemui di Kantor PSSI di Rasuna Office Park, Kuningan, Jakarta, Sabtu (29/12/2018). PSSI memanggil puluhan akun-akun medsos yang sempat berkicau tentang kasus pengaturan skor.
Penulis Alsadad Rudi
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Hanya satu pemilik akun media sosial (medsos) yang memenuhi panggilan Komisi Disiplin PSSI pada Sabtu (29/12/2018).

Satu-satunya pemilik akun medos yang memenuhi panggilan adalah Muhammad Ilham. Dia adalah pemilik akun Twitter @MixedZoneClub. 

Pada kedatangannya ke Kantor PSSI di Rasuna Office Park, Kuningan, Jakarta, Ilham menjalani pemeriksaan selama sekitar dua jam.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komdis PSSI, Asep Edwin, menilai akun-akun yang sudah diundang sepatutnya hadir. Sebab, bila punya data dan informasi yang akurat, hal tersebut tentu bisa membantu PSSI dalam pengungkapan kasus pengaturan skor.

"Kami hanya ingin tahun informasi yang disampaikan di medsos itu ada yang signifikan atau tidak untuk pengungkapan kasus," kata Asep

"Saya rasa akan lebih baik jika pemilik akun-akun tersebut, seperti tadi Mas Ilham, dia punya data-data, dia punya informasi yang disampaikan ke kami dan kami pasti akan telusuri," kata Asep.

Baca juga: PSSI Harap Kehadiran Pemilik Akun Medsos yang Berkicau Pengaturan Skor

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Komdis PSSI memang memanggil puluhan pemilik akun medsos, baik di Instagram maupun Twitter yang pernah berkicau mengenai kasus pengaturan skor. Pemanggilan dijadwalkan berlangsung pada 29 dan 30 Desember.

Saat ditemui seusai pemeriksaan, Ilham menyatakan pemeriksaan berlangsung dalam suasana santai. Baik dirinya dan anggota Komdis saling bertukar informasi.

Selain mengelola akun @MixedZoneClub, Ilham juga tercatat sebagai wartawan di salah satu media nasional. Menurut Ilham, seluruh informasi yang disampaikannya di @MixedZoneClub sebenarnya adalah hasil peliputan yang juga diberitakan di media tempatnya bernaung.

"Prosesnya lebih kepada diskusi. Mereka menanyakan apa yang kami ketahui. Saya mengatakan bahwa saya menyampaikan apa yang sudah diberitakan di media kami," ucap Ilham.

Mengenai akun-akun lain yang memilih tidak datang, Ilham berkeyakinan karena mereka tidak ingin identitasnya terbongkar.

"Namanya aja akun anonim. Kalau akun anonim ketika mereka datang ke sini, tidak anonim lagi. Tidak keren lagi," ujar Ilham.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang diperoleh Kompas.com, ada pihak yang sengaja meminta para pemilik akun medsos tidak memenuhi panggilan Komdis PSSI.

"Ada pihak yang mengkoordinasi agar pemilik akun tidak datang memenuhi panggilan PSSI," ujar sumber Kompas.com.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X