Transfer Liga 1, Andik, Evan Dimas, dan Ryuji Kembali ke Tanah Air

Kompas.com - 26/12/2018, 09:56 WIB
Pemain Indonesia Andik Vermansah (kanan) menguasai bola dibayangi pemain Thailand, Koravit Namwiset, dalam laga final Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (14/12/2016). Indonesia meraih kemenangan 2-1 atas Thailand. AP PHOTO / ACHMAD IBRAHIMAP PHOTO / ACHMAD IBRAHIM Pemain Indonesia Andik Vermansah (kanan) menguasai bola dibayangi pemain Thailand, Koravit Namwiset, dalam laga final Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (14/12/2016). Indonesia meraih kemenangan 2-1 atas Thailand. AP PHOTO / ACHMAD IBRAHIM

KOMPAS.com - Menjelang musim anyar Liga 1, bursa transfer pemain tentunya menjadi topik yang paling ditunggu.

Teranyar, tiga pemain asal Indonesia yang musim lalu berkarier di luar negeri kembali ke Tanah Air. Andik Vermansah, Evan Dimas Darmono, dan  Ryuji Utomo dipastikan akan meramaikan kompetisi Liga 1 2019 mendatang.

Andik dan Evan Dimas sebelumnya berkarier di negeri tetangga, Malaysia. Evan Dimas bergabung ke Barito Putera, sedangkan Andik memilih Madura United.

Selain Evan Dimas dan Andik, Ryuji Utomo juga dipastikan kembali ke Indonesia. Ryuji akan reuni dengan Persija Jakarta setelah dilepas tim Thailand, PTT Rayong.

Baca juga: Meski Belum Putuskan Gantung Sepatu, Hamka Hamzah Ingin Lanjutkan Karier sebagai Pelatih

Hingga saat ini, Madura United menjadi tim yang paling aktif dalam bursa transfer dengan total mendapatkan tiga pemain. Madura United juga telah mengumumkan hanya mempertahankan 12 pemain lamanya.

Selain Madura United, PSM Makassar dan Arema FC yang sudah resmi mengumumkan perombakan skuad lama meski belum mendapatkan pemain baru.

PSM mempertahankan 16 dan melepas 12 pemain. Sementara itu, 11 pemain Arema FC sudah dipastikan bertahan dan empat punggawa lama dilepas.

Berikut adalah rekap sementara transfer Liga 1 hingga Rabu (26/12/2018) pagi WIB:

Andik Vermansah ke Madura United

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Madura United FC (@maduraunited.fc) on Dec 24, 2018 at 6:49am PST

Empat tahun berkarier di Malaysia, Andik Vermansah memutuskan kembali ke Indonesia dan bergabung dengan Madura United.

Andik diresmikan oleh Madura United pada Senin (24/12/2018).

Pengumuman ini mematahkan rumor yang menyebut Andik akan bergabung dengan mantan timnya, Persebaya Surabaya. Rumor tersebut sudah nyaring terdengar sejak musim lalu.

Di Madura United, Andik mendapatkan kontrak selama satu tahun atau hingga kompetisi 2019 berakhir.

Baca juga: Tak Mau Khianati Mantan Tim, Andik Vermansah Menolak Main Lawan Persebaya

Sebelum bergabung ke Madura United, Andik sejak 2014 berkarier di Malaysia dengan membela dua tim. Tim pertama adalah Selangor FA.

Halaman:



Close Ads X