Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solskjaer Dianggap Bawa Pengaruh Positif untuk Pogba

Kompas.com - 24/12/2018, 21:20 WIB
Alsadad Rudi,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

MANCHESTER, KOMPAS.com - Manajer Manchester United yang baru, Ole Gunnar Solksjaer dinilai membawa pengaruh positif bagi Paul Pogba. Pendapat itu diutarakan mantan pemain Man United, Louis Saha.

Saha tercatat pernah menjadi rekan setim Solksjaer pada periode 2004-2007. Menurut Saha, Solskjaer punya sifat yang tidak mementingkan diri sendiri sebagai pemain dan pelatih.

"Ole memiliki banyak kerendahan hati dan dapat membantu dalam komunikasi mereka," kata Saha," seperti dikutip dari Four Four Two, Senin (24/12/2018).

"Dia akan mengesampingkan egonya sebagai 'bos' dan dia akan mengatakan pada dirinya sendiri bahwa hari ini timnya lebih dulu," imbuh Saha.

"Itulah yang dilakukan Ole. Dia selalu melakukannya. Dia membuat pengorbanan besar bagi rekan satu timnya. Dia membuat perbedaan bagi rekan satu timnya dan pelatihnya. Itu Ole. Dia akan memberikan itu (kepada tim)" lanjut Saha.

Baca juga: Selain Solksjaer, Ini Anak Asuh Ferguson Lainnya yang Sudah Melatih

Louis Saha saat membela Manchester United. Dok. Guardian Louis Saha saat membela Manchester United.

Pogba dinilai tampil mengesankan saat timnya menang 5-1 atas Cardiff City pada Sabtu (22/12/2018). Ia mencatatkan dua assists pada debut pertama Solskjaer sebagai manajer sementara Man United menggantikan Jose Mourinho yang dipecat.

Tampil melawan Cardiff merupakan laga pertama Pogba sejak hasil imbang 2-2 dengan Southampton pada 1 Desember. Setelah itu, Pogba kerap diparkir di bangku cadangan oleh Mourinho.

"Itu adalah pesan yang akan dia (Solksjaer) berikan secara bertahap kepada semua pemain. Mereka perlu mendapatkan kepercayaan diri mereka kembali. Mereka hampir membutuhkan komunikasi secara paternal," ucap Saha.

"Kebanggaan yang salah tempat pada sebuah klub besar secara terus-menerus di bawah pengawasan semua orang. Apa pun yang akan terjadi, mereka di sana akan membicarakannya karena ini adalah salah satu klub yang paling banyak pendukungnya di dunia," kata Saha.

Baca juga: Supersub Man United, Neville Samakan Martial dengan Solksjaer

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com